Friday, April 2, 2021

Zona 8 Day 2

Zona 8 Day 2

Alhamdulillah hari Jum’at. Anak-anak bangun agak siang hari ini, karena tidur nya kemalaman. Tapi alhamdulillah ala kulli hal masih kooperatif sampai penghujung hari.

Di pagi hari seperti biasa rutinitas Azkiya adalah murojaah dan membaca iqro (sesudah olahraga, makan dan sarapan). Alhamdulillah Azkiya sudah mulai lancar membaca potongan ayat yang panjang (iqro 5), karna sebelumnya masih terbata dan terputus-putus per kata saja. Hafalannya juga lancer alhamdulillah sudah memasuki surah ad-dhuhaa.

Siangnya kami mengerjakan worksheet yang sehari sebelumnya baru saya cetak yaitu worksheet I spy. Azkiya sangat excited sekali ketika pertama kali melihatnya, apalagi bagian es krim dan hewan. Tapi justru yang ia kerjakan sampai selesai adalah yang bagian I spy alfabet. Aliyya juga ikut mengerjakan yang bagian I spy Shapes, walaupun sesekali minta ditemani.

Setelah mengerjakan worksheet kami lanjut makan siang dan kemudian tidur siang. Saya menemani anak-anak tidur siang sebentar karna saya juga merasakan nyeri di pinggang. Setelah azan ashar, saya sholat dan kemudian mendapati Aliyya sudah bangun. Karena paginya saya sudah belanja di tukang sayur langganan tapi qodarullah tidak sempat masak untuk siang, akhirnya bada ashar saya meminta Aliyya untuk membantu saya menyiapkan bahan makanan untuk dibuat sop ayam. Aliyya yang biasanya ketika baru bangun tidur kadang agak rewel, kali ini langsung berbinar matanya.

Belum juga saya keluarkan bahan masakan dari kulkas, Aliyya sudah siap dan bertanya, “mana bawang putih sama bawang merah?” Hihi, Aliyya memang semangat sekali membantu mengupas bawang!

Selesai membantu mengupas bawang, Aliyya juga membantu menyobek daun kol dan mencabuti daun bawang. Ketika berhadapan dengan tulang kol yang agak keras, ia sempat jengkel dan membuang begitu saja kolnya. Lalu saya coba tanya, “oh yang itu keras ya? Ummi bantu ya?” dan setelah itu ia pun kembali mau menyobeki lembaran kol yang lain. Dilanjutkan kemudian dengan mencuci potongan daging ayam. Aliyya awalnya sempat terlihat jijik ketika saya tawarkan untuk membantu mencucinya, namun setelah potongan ayam bersih dan sedang ditiriskan, ia justru menyentuhnya dan bermain-main dengan potongan ayam tersebut.

Tidak lama setelah itu Azkiya bangun. Aliyya pun langsung terdistraksi dan mulai main dengan Azkiya. Sambi menunggu merebus ayam, saya pun mengajak Azkiya dan Aliyya bermain dengan Styrofoam dan paku payung. Saya membuat bentuk dasar menggunakan spidol warna untuk Aliyya. Sedangkan Azkiya saya buatkan tulisan “Allah” dengan spidol juga. Awalnya ia minta dituliskan ABC, namun kebetulan saya sedang ‘nyambi’ mengikuti dauroh mengenai mengajarkan anak tauhid asma wa shifat, jadilah ABC nya saya ganti saja dengan tulisan latin “Allah”.




Kemudian mereka pun sibuk masing-masing dengan paku payung. Aliyya mencocokkan warna bentuk dasar dengan paku payungnya, begitupun Azkiya yang mengikuti garis (tracing) mencocokkan paku payung sesuai warna.

Baru sepertiga jalan, Aliyya sudah merasa bosan dan berlari keluar mencari Abinya. Sedangkan Azkiya cukup lama duduk dan mengerjakan tugasnya sampai selesai. Setelah selesai bangga sekali raut wajahnya terlihat! Dan kemudian meminta dibuatkan bentuk pelangi. MasyaAllah. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih setengah jam untuk Azkiya.

Setelah berkegiatan dengan paku payung, kami lanjutkan bermain di luar; balap lari. Saya hitung sampai 3, kemudian Azkiya dan Aliyya mulai berlari. Sudah bias ditebak siapa yang menang, tapi disini kami hanya bersenang-senang dengan tujuan membuang sisa energi anak-anak hari itu.

Menjelang maghrib Azkiya mandi sendiri, memakai piyama sendiri, dan dilanjutkan dengan wudhu yang mana masih harus dibantu urutan wudhu nya yang benar. Setelah itu dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah, hanya saya dan Azkiya. Aliyya menolak sholat maghrib (biasanya mau) karna sedang asyik bermain dengan robot-robotan kucing.

Bada maghrib Azkiya kembali murojaah dan membaca iqro bersama saya. Biasanya giliran murojaah maghrib ini dilakukan oleh Abi nya, namun qodarullah ternyata di masjid ada meeting dan Abinya diminta untuk stay dan tidak pulang lagi ke rumah sampai bada isya.

Pukul 20.00 Azkiya meminta mnegerjakan ixl. Namun karna mainan nya masih berserakan, saya mensyaratkan untuk membereskan mainnanya (dan kamarnya) terlebih dahulu. Dan sama seperti kemarin-kemarin, Azkiya meminta saya untuk ‘istirahat’ di kamar yang telah ia bereskan. Setelah beberapa saat, saya diminta dating ke ruang keluarga dan melihat ‘hasil karya’ nya, yaitu ruangan yang bersih dan mainan yang tertata rapi. MasyaAllah tabarokallah. Setelah itu kami lanjut mengerjakan ixl bagian pengurangan (substraction).

Alhamdulillah hari ini terasa lancar. Bintang anak-anak:

Azkiya:

Murojaah: ⭐⭐⭐

Membaca (Iqro dan latin): ⭐⭐⭐

Seni (membuat craft tulisan Allah):⭐⭐⭐⭐

Practical life (membereskan dan meng-organize mainan):⭐⭐⭐⭐

Mengerjakan worksheet:⭐⭐⭐

Memasak:-

Matematika:⭐⭐⭐

Kegiatan fisik (bermain sore hari di luar rumah):⭐⭐⭐

 

Aliyya:

Seni (membuat craft bentuk dasar):⭐⭐

Practical life (membereskan dan meng-organize mainan):⭐⭐

Memasak:⭐⭐⭐

Mengerjakan worksheet:⭐⭐

Kegiatan fisik (bermain sore hari di luar rumah):⭐⭐⭐

 

 


No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...