Thursday, April 1, 2021

Zona 8 Day 1

 


Zona 8 Day 1

Hari ini kami tidak mengadakan sesi belajar formal seperti biasanya karna satu dan beberapa hal. Maka rutinitas kami agak berubah. Azkiya tetap dengan murojaah dan membaca iqro nya, namun setelah itu ia bermain bebas bersama adiknya dan sesekali mengikuti saya berkegiatan.

Ketika saya masak, Aliyya turut membantu saya menyiapkan bahan makanan. Ia membantu mengupas jagung muda, bawang merah, dan bawang putih. Ketika saya menawarkan Azkiya apakah ia mau ikut membantu memasak ia menolak. Alasannya karna ia sedang asik bermain dengan puzzle gambar yang ia buat sendiri.

Aliyya antusias sekali ketika membantu saya memasak. Ia berceloteh sendiri mengenai apa yang ia lihat: Wortel warnanya orange, ini bawang merah, bawang putihnya sedikit, ini buncis, ini rambutnya jagung, dll.



Selepas maghrib (menjelang isya) setelah selesai murojaah dan membaca iqro, Azkiya dan Aliyya bermain bebas sambil menikmati camilan yang saya buat (roti isi coklat keju dan pisang). Dan sudah pasti ketika mereka bermain bebas, ruangan menjadi porak poranda -__-

Jam 8 malam adalah jadwal IXL Azkiya. Ketika jam menunjukkan pukul 19.50 saya memberika ultimatum kepada Azkiya, “Kalau mau IXL, mainannya dibereskan dulu ya!”. Lalu saya melanjutkan menyelesaikan beberapa pekerjaan saya di laptop.

Sambil sibuk di depan laptop, saya samar-samar mendengar Azkiya memandu adiknya membantunya membereskan mainan, seperti: Aliyya ambilin bloknya, taruh di kotak putih! Aliyya di sana dulu ya, mba lagi beresin yang ini. Sengaja saya tidak mengintervensi, karna tidak ada rebut atau rebutan. Saya juga tidak ingin ‘merusak suasana’ kerjasama antara kakak dan adik yang jarang sekali terjadi.

Ketika jam menunjukkan pukul 20.10 akhirnya Azkiya selesai membereskan mainannya. Ia pun memanggil saya yang sedang menghadap laptop. “Ummi lihat deh!”

Dan masyaAllah sungguh saya terkejut karna ruangan yang tadinya mirip kapal pecah, tiba-tiba menjadi rapih, bersih, dan tertata. Azkiya dengan bangga dan senyumnya yang lebar menunjukkan hasil kerja kerasnya.

“Masya Allah anak Ummi yang salihah pintarnya tanggung jawab bereskan mainan ya! Ummi senang banget! Ummi merasa terbantu sekali kalua Azkiya bias membereskan mainan setelah main! Terima kasih ya mba!” kata saya membesarkan hatinya. Saya peluk dan cium Azkiya yang masih lebar senyumnya.

Setlah itu kami mengerjakan IXL. Masih melanjutkan sesi kemarin: pengurangan. Saya tawarkan alat bantu berhitung kepada Azkiya, apakah mau menggunakan abacus atau balok kayu, dan ia memilih balok kayu.

Lalu ia mulai asyik dengan IXL nya. Ia ambil balok kayu sesuai perintah kemudian mengambilnya kembali (mengurangi) sesuai perintah. Ketika ia bias menjawab dengan benar, sungguh bangga sekali! Setelah menghabiskan waktu 20 menit mengerjakan total 28 soal pengurangan, Azkiya lanjut mengerjakan soal mengenai nama-nama bentuk geometri. Kali ini soalnya gampang, katanya. Dalam waktu 5 menit saja Azkiya sudah dapat menyelesaikan 40 soal dan mendapatkan 1 stiker dan medali! MasyaAllah. Memang ia senang sekali belajar logika menggunakan Bahasa Inggris. InsyaAllah nanti saya akan jelaskan lebih detail.

 



Maka bintang hari ini untuk Azkiya adalah:

Murojaah: ⭐⭐

Latihan membaca (Iqro dan latin): ⭐⭐⭐

Seni (membuat puzzle dan menggambar bebas): ⭐⭐⭐

Practical life (membereskan dan meng-organize mainan): ⭐⭐⭐⭐

Memasak: -

Matematika: ⭐⭐⭐

Read aloud dan bercerita: ⭐⭐

Kegiatan fisik (bermain sore hari di luar rumah): ⭐⭐⭐


InsyaAllah grafik nya akan menyusul.

 

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...