Thursday, January 7, 2021

Zona 5 Day 1


Project : Read Aloud

Nama : Azkiya

Kel Usia Pondok : 0-6 tahun



Memasuki zona 5 kali ini kebetulan bersamaan dengan proses Azkiya belajar membaca. Dan kebetulan juga target kami adalah membacakan kisah Nabi (dan kisah dari Qur'an) sepanjang perjalanan proses belajar membaca Azkiya. Karna saya mencontoh beberapa metode montessori, saya tidak mengajarkan huruf alfabet secara berurutan. Pekan ini kami membahas huruf K dengan kosakata Ka'bah. 


Saya membuat worksheet huruf K. Setelah mengerjakan beberapa worksheet lainnya, saya mulai memancing Azkiya dengan pertanyaan sederhana, seperti:


"Apa itu Ka'bah?"

"Di mana letak Ka'bah?"

"Siapa yang pertama kali membangun Ka'bah?"


Setelah terpancing rasa penasarannya, maka saya mulai menceritakan kisah awal mulanya dibangun Ka'bah. Karna baru perkenalan, maka saya tidak menggunakan buku, hanya cerita saja (yang mana saya sudah 'rangkum' malam sebelumnya dengan mendengarkan ceramah shahih mengenai sejarah Ka'bah).


Tidak ada video juga saat saya mengkisahkan sejarah Ka'bah karna begitu antusiasnya Azkiya mendengarkan. Yang ada hanya foto ketika Azkiya selesai mengerjakan worksheet yang saya buat.




#harike1

#tantangan15hari

#zona5membangunkarakter

#stimulasiliterasibacatulis

#stimulasiliterasidigital

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia



No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...