Nama: Azkiya 4thn6bulan Aliyya 2thn3bulan
Hari ke-15
Aktivitas hari ini:
Qodarullah Azkiya agak flu, jadi kami hanya stimulasi motorik halus (disamping murojaah dan membaca iqro) berupa bermain memasukkan kancing jumbo ke dalam kardus dan meronce membuat gelang. Kemudian dilanjutkan dengan resd aloud buku Gajah dan Al-Qur'an Inspired Story (Al-Qodar)
Proses Kreativitas:
Anak-anak mencoba memnuat gelang menggunakan pipe cleaner dan manik plastik.
Tujuan belajar:
Intellectual Curiosity:
-melatih motorik halus adik dengan memasukkan kancing jumbo ke dalam kardus sesuai warnanya (color sorting) serta memasukkan beads ke dalam pipe cleaner
Creative Imagination:
Kakak membayangkan hidup menjadi gajah ketika nembaca buku mengenai gajah. Apa yang bisa dilakukan apabila memiliki belalai panjang seperti gajah. Ketika membaca buku
Al-Qur'an Inspired Story (Al-Qodar) kakak juga membayangkan dirinya seperti laron yang beterbangan.
Art of discovery:
-adik bisa memasukkan kancing jumbo ke dalam kardus sesuai warnanya, kakak bilang seperti memasukkan koin ke kotak amal
-kakak mengetahui beberapa kosakata baru, yaitu gading, pemburu, tembakan, melindungi
-kakak mengetahui bahwa laron adalah rayap yang kemudian memiliki sayap dan suka cahaya
Noble attitude:
-kakak belajar bahwa kelak akan ada 'timbangan' saat yaumul hisab. Kebaikan dan keburukan akan ditimbang. Yang lebih berat kebaikannya akan masuk ke istana surga, sedangkan apabila dosa yang lebih berar, maka akan dilemparkan ke neraka, nauzubillah.
-kakak membantu adik memasukkan beads ke dalam pipe cleaner adik, karena adik merass sedikit kesulitan
Refleksi:
Alhamdulillah walaupun kakak agak flu, dan ketika read aloud bersin berkali-kali, tapi sesi 'belajar' tetap lancar. Bahkan sorenya selepas bangun tidur, anak-anak langsung meluncur keluar rumah sesaat setelah mengucapkan doa 'allahumma shoyyiban naafi'an' untuk mandi hujan.
#harike15
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
No comments:
Post a Comment