Wednesday, December 9, 2020

Zona 4 Day 14

Nama: Azkiya (4thn6bln) Aliyya (2thn3bln)

Hari ke-14







 

Aktivitas Hari Ini:
Aktivitas motoric halus berupa menjahit pita ke atas kardus dengan bentuk rambut singa (mirip bunga), berdiskusi mengenai fakta ‘singa’, bermain dengan moveable alphabet dengan kosakata ‘singa’ dan ‘Danial’, membaca buku tentang kisah Nabi Danial.

Proses Kreativitas:
Kakak berusaha ‘menghafal’ pola jahitan agar terlihat seperti yang diharapkan. Beberapa kali sempat terlihat kesulitan, namun bias diatasi setelah saya bantu. Adik mengerjakannya dengan bantuan saya.

Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:
-Menghafal bentuk dan bunyi huruf S
-Berdiskusi mengenai fakta singa
-Mengetahui kisah Nabi Danial

Creative Imagination:
Anak-anak melakukan kegiatan menjahit pita berwarna coklat tua yang sambil membayangkan warna rambut dan kulit singa. Dulu kakak juga pernah membuat beberapa craft bertemakan singa (ketika belajar hijaiyah alif – asadun – singa), dan MasyaAllah ternyata masih ingat, karena ia bertanya, “Dulu aku kan udah pernah buat singa, kok sekarang buat lagi?” Lalu saya jelaskan kalau yang dibuat saat ini adalah singa dalam bahasa Indonesia, sedangkan dulu ia belajar bahasa Arabnya, yaitu Asadun. Dilanjutkan dengan mendengarkan kisah Nabi Danial yang sangat singkat, ketika beliau dilemparkan ke dalam kandang singa agar menjadi makanan para singa lapar, namun malah singa-singa tersebut menjadi sahabatnya.

Art of Discovery:
-Mengenal salah satu ciri hewan buas pemakan daging yaitu bergigi tajam
-Mengetahui kosakata baru; berburu dan jasad
-Mengetahui fakta unik singa; hanya singa betina yang berburu, makan dan berburu di malam hari, serta tidur di siang hari

Noble Attitude:
-Mengetahui kisah Nabi Danial yang jarang dari kita tahu karena tidak termasuk dalam 25 Nabi dan Rasul

Refleksi:
Alhamdulillah belajar kali ini lancer, anak-anak senang dengan kegiatan menjahit pita. Kakak sejak dulu senang sekali dengan dunia hewan sehingga apapun craft, cerita, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan hewan pasti akan semangat sekali. Ini menjadi salah satu trik saya dalam penyampaian setiap materi; selalu disisipkan hewan yang berhubungan.

#Harike14
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...