Tuesday, December 1, 2020

Zona 4 Day 6

 Nama: Azkiya (4thn6bulan)

Hari ke-6





Aktivitas Hari Ini:
Mengenal huruf M. Azkiya menghias huruf M yang dibuat dari kardus menggunakan cat air dengan motif macan tutul (ma= macan tutul).Setelah itu dilanjutkan dengan belajar menulis (mengikuti titik-titik) di buku aktivitasnya. Terakhir Azkiya meminta untuk dibacakan buku metamorphosis nyamuk.

Proses Kreativitas:
Kami membuat craft huruf M menggunakan cat air berwarna oranye. Namun, untuk mendapatkan warna oranye, kami harus mencampur warna primer terlebih dahulu,yaitu merah, kuning, putih, dan sedikit hitam. Azkiya senang sekali melihat saya mencampur warna, melihat proses perubahan dari warna merah, kemudian oranye tua, dan menjadi oranye. Setelah kering, Azkiya mencelupkan jari telunjuknya ke atas cat hitam dan melakukan aktivitas finger print untuk membuat motif tutul seperti macan tutul. Dilanjutkan dengan men-tracing huruf M dimana Azkiya harus mengikuti garis dan kemudian belajar menulis huruf M tanpa bantuan titik-titik.

Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:
-Mengenal huruf M
-Mengenal kosakata berawalan huruf M (macan tutul)
-Belajar membaca huruf vocal, dan B serta D
-Mengetahui pencampuran warna
-Mempelajari alur hidup nyamuk

Creative Imagination:
-Membayangkan bentuk dan motif kulit macan tutul dengan meniru figure animal
-Membayangkan pencampuran warna-warna primer
-Membaca beberapa kosakata sederhana seperti i-bu, a-bi, i-ca, bu-de, coba, baca, cabe dan Alhamdulillah ketika membacanya Azkiya memahami artinya (dapat membayangkan benda atau objeknya)
-Membayangkan dimana nyamuk kira-kira hidup di dalam rumah

Art of Discovery:
-Mengetahui warna serta motif kulit macan tutul
-Dapat membaca kosakata sederhana serta mengetahui artinya
-Mengetahui alur hidup nyamuk

Noble Attitude:
Mempelajari alur hidup nyamuk yang mengingatkan akan Kebesaran Allah yang Maha Pencipta. Manusia tidak akan sanggup menyaingi Allah walaupun hanya memciptakan seekor nyamuk kecil penghisap darah.

Refleksi:
Alhamdulillah sesi belajar hari ini lancar. Seperti biasa Azkiya senang melakukan craft dan belajar dengan Umminya. Walaupun di tengah sesi belajar adiknya tidur di pangkuan, sehingga membatasi gerak saya, namun tidak menghalangi kami belajar.

 

#harike6
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

 

 

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...