Monday, November 30, 2020

Zona 4 Day 5

Nama: Azkiya (4thn6bln)

Hari ke-5








Aktivitas Hari Ini:

Hari Ahad adalah hari libur 'sekolah' bagi Azkiya. Maka, no school on sunday! Saya bisa fokus menyiapkan lesson plan untuk Azkiya satu pekan ke depan. Azkiya dan Aliyya bermain bebas sehari penuh! Eit, tapi tetap ada muroja'ah dan baca iqro yaa.. Maka aktifitas belajar Azkiya hari ini adalah muroja'ah dan baca iqro.


Proses Kreativitas:

Kami biasanya muroja'ah dan baca iqro setelah sarapan dan mandi pagi. Azkiya memilih sendiri tempatnya, kadang di ruang keluarga, ruang tamu, teras, bahkan juga di ruang kerja Abinya. Kadang di tengah muroja'ah Azkiya bertanya mengenai beberapa kata bahasa Arab yang ada dalam surah yang dihapalnya dan saya menjelaskan secara sederhana. Kemudian dilanjutkan membaca iqro. Saat ini Azkiya Alhamdulillah sudah memasuki iqro 3.


Tujuan Belajar:

Intellectual Curiosity:

Membaca iqro sebagai metode bisa membaca Qur'an insyaAllah. Alhamdulillah Azkiya sudah hafal beberapa surah di juz 30 dengan metode talqin (auditori). Diharapkan dengan lancarnya membaca Qur'an, akan mempermudah pula proses hafalannya di masa depan. Aamiiin.


Creative Imagination:

Karna biasanya muroja'ah dan membaca iqro dilakukan terpisah dari sesi belajar, jadi saya jarang merekam proses itu. Kali ini saya meminta izin Azkiya untuk merekam prosesnya, dan dia setuju. Katanya, "aku kaya mba N*jm* (sepupunya) ya mi, yang kalo sekolah pake kerudung terus hafalannya pinter!" Katanya semangat sekali. Ia senang mencontoh kakak sepupunya yang masuk sekolah dan mempelajari tahfiz quran.


Art of Discovery:

Dalam iqro 3 yang dibacanya masuk pada harokat dhommah (u). Saya pikir Azkiya akan mengalami kesulitan, namun ternyata tidak juga. Kadang ketika ia lupa hurufnya harus dibaca apa ketika diberi harokat dhommah, ia langsung membunyikan rumusnya secata berbisik. Misal huruf mim dengan dhommah, Azkiya berbisik, "ma..mi..MU!!" 


Noble Attitude:

-Muroja'ah dan membaca iqro adabnya seperti nembaca Al-Qur'an. Maka Azkiya harus menutup aurat dan duduk tenang semampunya. Tidak berlari-larian, bermain dengan mainan, ataupun tiduran. Hari ini Azkiya sukses mempraktekkan adab membaca Qur'an.

-Sebelum mulai membaca iqro, Azkiya sempat cegukan. Saya sarankan untuk duduk, membaca basmalah lalu minum. Ketika ia membaca iqro, cegukannya hilang. Saya ingatkan bahwa tadi Azkiya baca bismillah sebelum minum, terus berdoa minta disembuhkan cegukannya. Dan Alhamdulillah Allah kabulkan, langsung.


Refleksi:

Alhamdulillah walaupun hari libur, Azkiya tetap semangat dalam hafalannya. Membaca iqro nya pun lancar, walau sempat agak protes karna saya minta tambah halaman, namun setelah dipuji dan disemangati, Azkiya kembali semangat pula membacanya.


#harike5

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia



No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...