Sunday, November 29, 2020

Zona 4 Day 4

 Zona 4 Day 4

Nama : Azkiya (4thn6bulan)




Hari ke-4

 

Aktivitas Hari Ini:
Kami membatasi jadwal belajar formal Azkiya hanya 5 hari satu pekan (Senin-Jum’at, sepeti sekolah usia dini pada umumnya), sedangkan weekend merupakan hari bebas belajar tanpa rencana dari saya. Kebetulan Azkiya meminta untuk mengerjakan beberapa buku aktivitas, tentunya setelah muroja’ah dan membaca iqro. Maalamnya Azkiya juga meminta dibacakan buku ensiklopedia dunia hewan dan diakhiri dengan bermain tebak-tebakan hewan.

Proses Kreativitas:
Kami membiarkan Azkiya memilih buku aktivitas yang mau ia kerjakan, lalu ia memilih buku logika anak dan buku menggunting dan menempel. Azkiya meminta dibacakan perintah dalam bukunya (mengenai hewan darat dan laut, hewan berkaki 2 dan 4). Ia juga yang menggunting dan menempel potongan kertas berbentuk pensil di atas kertas.

Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:

Kami membahas perbedaan hewan pemakan daging dan tumbuhan (karnivora dan herbivora). Azkiya terlihat penasaran sekali dengan perbedaan keduanya. Setelah saya menjelaskan satu hewan, dia pasti bertanya hewan lain. “Kalau kudanil makannya apa mi?” dan seterusnya.
Azkiya juga mencari tahu sendiri bagaimana caranya memegang kertas ketika menggunting area yang melengkung. Awalnya sempat kesulitan dan saya tawarkan bantuan, lama kelamaan ia lancar walaupun masih agak berantakan khas anak usia dini.

Creative imagination:
Kami berdiskusi tentang hewan pemakan daging dan tumbuhan. Azkiya terus bertanya berbagai macam hewan dan makanannya. Saya menjelaskan sedikit ciri-ciri hewan yang memakan daging, yaitu bergigi tajam (taring) atau berkuku tajam. Lalu terlihat Azkiya membayangkan tiap-tiap hewan yang ada di buku, apakah memiliki gigi tajam? Kalau iya maka makanannya adalah daging (atau ikan).
Bermain tebak-tebakan hewan sangat menarik bagi Azkiya. Awalnya ia yang memberikan ciri-ciri hewannya kemudian saya yang menjawabnya. Dan sebaliknya. Kemudian saya bertanya hewan dengan berbahasa Arab, lalu Azkiya menerjemahkannya kedalam bahasa Inggris, lalu sebaliknya.

Art of discovery:
Mengetahui perbedaan hewan pemakan daging dan pemakan tumbuhan.

Noble Attitude:
Menjelaskan hikmah mengapa Allah menciptakan hewan yang memakan daging dan memakan tumbuhan.

Refleksi:
Alhamdulillah kegiatan belajar santai di saat weekend lancar. Azkiya hampir selalu tertarik dengan dunia hewan sejak bayi. Maka kegiatan apapun yang ingin saya masukkan pengajaran di dalamnya haruslah saya sisipkan hewan di dalamnya, maka ia pasti langsung tertarik. Maka dari itu dari dulu saya membuat media edukasi terkustomisasi untuk Azkiya bertemakan dunia hewan.

#harike4
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...