Friday, November 27, 2020

Zona 4 Day 3

 Zona 4 Day 3

Nama: Azkiya (4thn6bulan)

Hari ke-3


Aktivitas Hari Ini:
Membuat craft berdasarkan kosakata berawalan huruf D (dasi, dino, durian, delapan, donat)., praktik letter recognition menggunakan puzzle huruf latin, srta belajar arah menggunakan figure dino.


Proses Kreativitas:
Kami membuat craft berupa dasi pita berwarna pink yang kemudian diberi tali elastis agar bisa dipasang di leher (kosakata: dasi). Azkiya lebih senang menyebutnya kalung pita, walaupun sudah saya jelaskan bahwa awalnya kita akan membuat dasi pita. Selain itu kami menggambar beberapa kosakata lain di atas kardus (dino, durian, delapan, donat) yang kemudian digunting dan ditempel di atas template yang sudah disiapkan. Setelah membuat craft, kami lanjutkan dengan bermain puzzle huruf latin. Saya yang menyebutkan huruf/katanya, seperti: a-bi. Lalu Azkiya yang mencari hurufnya kemudian mengurutkannya sesuai yang saya ucapkan. Setelah puas bebas bermain puzzle (akhirnya anak-anak membuka puzzle yang lain seperti hewan, kendaraan, angka, dll), kami lanjutkan dengan bermain dino. Kami bercerita sedikit menggunakan buku kisah nabi yang menampilkan gambar gunung berapi yang meletus di zaman nabi Luth dan mengaitkannya dengan kepunahan dino (walaupun kabarnya karna meteor, tapi gambarannya kira-kira seperti itu) dan dilanjutkan dengan bermain arah panah seolah-olah dino berlarian kesana-kemari (ke segala arah).


Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:

-Mempelajari beberapa kosakata yang berawalan huruf D,seperti domba (kemarin), dasi (pita), dino, durian, delapan, donat.
-Belajar merangkai kata dari puzzle huruf
-Belajar arah panah menggunakan figure dino


Creative imagination:
Kami membaca lagi kisah Nabi Ibrahim as dan Ismail as, dan kemudian Azkiya membuka halaman Nabi Luth yang digambarkan meletusnya gunung berapi.. Ia sempat bertanya, apa yang terjadi? Saya jelaskan bahwa kaum Nabi Luth tidak taat kepada Allah, yang kemudian diberi hukuman (azab) dengan gunung meletus yang awan panasnya membunuh setiap orang di kota tersebut. Kemudian Azkiya berceletuk, “wah, kaya dinosaur ya?!” lalu saya jawab, “Iya betul, tapi waktu dino lebih besar lagi, ada meteor juga!” lalu saya jelaskan juga mengapa sekarang dino sudah punah.


Art of Discovery:
-Mengetahui sedikit kisah Nabi Luth
-Mengetahui akibat punahnya dino di bumi
-Membuat dasi pita yang ternyata cocok dijadikan kalung


Noble Attitude:
-Membereskan kembali kepingan puzzle yang telah selesai dimainkan (karena banyak sekali dan sangat berserakan) sambil bernyanyi lagu Clean Up
-Mengambil hikmah dari kisah kaum Nabi Luth as, bahwa kita sebagai muslim sudah seharusnya taat kepada perintah Allah azza wa jalla
-Azkiya selesai hafalan surah Al-Alaq (murojaah dan iqro dilakukan sebelum sesi belajar dimulai)


Refleksi:
Alhamdulillah sesi belajar lancar. Azkiya sempat awet bermain-main dengan dasi pitanya –yang disebutnya sebagai kalung- dan sempat rebutan juga dengan adiknya. Seharusnya saya tahu ini dan membuat dua dasi pita, tapi pada akhirnya Azkiya merasa bosan dan gantian adiknya yang bermain. Anak-anak antusias sekali ketika kami bersama-sama menempelkan potongan kardus kosakata huruf D di atas template.  Hari ini juga Alhamdulillah Azkiya selesai dengan hafalannya di surah al-Alaq yang cukup memakan waktu agak lama.





#harike3
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantangbentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia


 

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...