Friday, November 27, 2020

Zona 4 Day 2

Nama: Azkiya (4thn5bulan)

Hari ke-2



Aktivitas hari ini:

Melanjutkan pengenalan huruf D kepada azkiya. Untuk permulaan, kami membatasi hanya membuat kolase dan satu jenis craft saja. Dilanjutkan dengan diskusi mengenai domba. 


Proses Kreativitas:

Kami membuat kolase huruf D. Kolase yang digunakan dibuat dari daun, sedangkan craft nya bertemakan domba (d=daun, da=dasi, di=dino, du=duri, de=delapan, do=domba, donat). Kami menggunakan dedaunan kering yang banyak tergeletak di pinggir jalan, karena insyaAllah lebih awet untuk dibuat kolase. Sedangkan craft domba, kami menggunakan kapas sebagai bulu nya dan kardus yang diwarnai hitam sebagai kepala dan kaki nya. Selanjutnya Azkiya men-tracing dan belajar menulis huruf D. Setelah itu kami berdiskusi mengenai domba; manfaatnya bagi manusia. Juga saya pun berkisah (read aloud) mengenai Nabi Ibrahim as yang diperintahkan untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail as yang kemudian digantikan dengan domba. 


Tujuan belajar:

Intelectual Curiosity:

Memperkenalkan huruf D, mengetahui kisah Nabi Ibrahim as dan Ismail as, mengetahui manfaat domba.


Creative Imagination:

-Menjelaskan kepada anak-anak mengapa daun kering berwarna coklat, sedangkan daun segar berwarna hijau.

-Berkisah mengenai Nabi Ibrahim as yang diperintahkan untuk menyembelih Nabi Ismail as yang kemudian digantikan menjadi seekor domba.

-Membayangkan lembutnya bulu domba seperti kapas yang dibuat untuk craft.


Art of discovery:

-Mengetahui kisah Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as.

-Azkiya mulai memahami bagaimana selimut, jaket, atau pakaian yang terbuat dari wool ternyata bermula dari bulu domba. Di akhir sesi belajar kami memutar video edukasi mengenai proses sheering (pencukuran) bulu domba yang sudah tebal tanpa menyakiti domba itu sendiri. Bagaimana bulu domba kemudian dicuci, dibersihkan, dipintal dan kemudian dirajut menjadi selimut.


Noble Attitude:

-Mempelajari kisah teladan Nabi Ibrahim akan ketaatannya pada perintah Allah ketika diuji untuk menyembelih anak kesayangannya yaitu Nabi Ismail as. Bagaimana kesabaran Nabi Ismail as yang mendukung ayahnya untuk taat pada perintah Allah, yang kemudian Allah gantikan posisi Ismail as dengan seekor domba. Hal ini yang menjadikan latar belakang perintah berqurban.

-Menyebutkan hewan-hewan yang dapat dijadikan hewan qurban selain domba.

-Memanfaatkan domba bagi kemaslahatan manusia. Domba dapat dimanfaatkan daging, susu, serta bulunya. Namun jika ingin memanfaatkan bulunya, tidak boleh sampai menyakiti dombanya. Dan apabila ingin memakan dagingnya, maka menyembelihnya dengan cara yang sesuai syariat.

-Membuat kolase dengan daun kering, bukan dengan daun segar. Menjelaskan adab terhadap tumbuh-tumbuhan, bahwa kita tidak boleh sembarangan memetik daun dari pohon/bunga kecuali untuk dimanfaatkan (dimasak, dijadikan obat, dll), dan apabila ingin memetik daun/bunga milik orang lain haruslah meminta izin terlebih dahulu kepada yang punya.


Refleksi:

Alhamdulillah sesi belajar hari ini lancar. Azkiya dan Aliyya senang sekali ketika membuat kolase dan craft. Ada hal yang menarik juga. Dulu Azkiya sudah pernah membuat craft domba dari kapas bola saat belajar mengenal huruf 'Kho' (kosakata nya khoruuf=domba), dan sempat bertanya, "kan dulu Azkiya udah pernah buat domba mi?" Saya agak kaget karna sudah cukup lama dan dia ternyata masih ingat. Selain itu Azkiya tidak berhenti bertanya ketika saya menceritakan kisah Nabi Ismail as yang digantikan posisinya dengan seekor domba. "Kenapa anaknya disuruh 'dipotong' (baca:disembelih)?" "Kenapa diganti jadi domba?" Dan pertanyaan logis lainnya yang mungkin bagi usianya agak sulit untuk dicerna. Namun tetap saya jelaskan bahwa itu semua kehendak Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.





#harike2

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia



No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...