Thursday, November 26, 2020

Zona 4 Day 1

 Nama: Azkiya (4thn5bulan)

Hari ke-1




Aktivitas hari ini:

Alhamdulillah pelan-pelan setelah memasuki pertengahan iqro' 3 Azkiya mulai belajar huruf latin. Ummi nya pun persiapan mengajar dengan membaca bermacam-macam metode belajar membaca, dari yang mengeja, fonik, sampai ke metode montessori. Setelah sempat belajar huruf vokal dan huruf b, c, d, sempat saya hentikan karna progres iqro nya agak melambat. Mungkin terpecah fokusnya, atau memang sedang bagian yang cukup menantang bagi Azkiya di tingkat iqro 3 ini. Tapi dari hari Senin kemarin saya mencoba metode baru (penggabungan beberapa metode yg saya pelajari) dan mulai lagi dari huruf 'B'. Satu huruf memakan waktu sekitar 1-2 hari. Hari ini Azkiya belajar huruf "C" yang mana kosakatanya adalah: Cabai, cacing, cicak, cumi-cumi, ceri (buah ceri), coklat, dan cangkir. Kami membuat kolase huruf C menggunakan sedotan berwarna merah. Mengapa sedotan? Karna seharusnya menggunakan cabai (C=cabai) tapi karna tidak memungkinkan untuk mengkolase cabai, kami menggantinya dengan sedotan plastik berwarna merah.


Proses Kreativitas:

Metode yang saya buat untuk Azkiya adalah penggabungan beberapa metode lain. Disini saya mencoba membuat Azkiya menghapal bentuk tiap-tiap alfabet dengan cara mengkolasekannya. Huruf A misalnya dengan kosakata 'anggur', maka kami menggunting kertas berwarna ungu berbentuk lingkaran dan membuat kolase berbentuk huruf A dengan kertas-kertas tersebut. Huruf B untuk 'batu'. Kami menggunakan kerikil kecil dan membuat kolase bentuk huruf B. Untuk kosakata lainnya (ba=baju, bi=bintang, bu=bulan, be=bebek, bo=bola) kami menggunakan berbagai media yang ada untuk membuat bentuk tersebut diatas kardus. Karena hari ini huruf C, dan benda yang bisa dibuat craft untuk kosakata huruf C relstif sulit, maka kami memutuskan untuk mewarnai saja bentuk konkret kosakata tersebut di atas kardus dan menempelnya di atas template yang saya buat.


Tujuan belajar:

Intelectual Curiosity:

Mempelajari kosakata berawalan huruf C


Creative Imagination:

Untuk membentuk huruf C yang 'seharusnya' menggunakan cabai, kami akhirnya memutuskan menggunakan sedotan berwarna merah yang dipotong-potong dan membayangkan bahwa itu adalah potongan cabai. Dialog tentang bagaimana rasa cabai, apakah pedas atau manis? Apakah rasanya membuat senang atau membuat susah? Apakah rasa cabai disukai anak-anak? Mana lebih enak, cabai atau gula? Apa saja warna cabai? Apa cabai hanya berwarna merah? Apa ada jenis cabai yang warnanya bukan merah? Dan seterusnya.


Art of discovery:

Menemukan banyak kosakata yang berawalan huruf C. Dari hewan, buah, sampai benda sehari-hari. Ketika waktunya memasak, saya menunjukkan lagi bentuk asli cabai kepada anak-anak, dan mengulang kembali dialog kami mengenai cabai. Azkiya juga mengerjakan worksheet menulis huruf C, dimana kosakata yang ada di buku tersebut adalah cuka. Maka kami pun mengobrol sedikit tentang apa itu cuka.


Noble attitude:

Alasan kami tidak menggunakan cabai asli untuk membuat kolase adalah (saya menjelaskannya juga kepada anak-anak); karena sifat cabai panas dan membahayakan bagi anak-anak (bila terkena mata akan perih sekali), dan karena cabai adalah termasuk makanan dan menggunakan bahan makanan untuk sesuatu yang bukan untuk dimakan adalah suatu hal yang mubazir. Saya selalu menghindari segala jenis makanan setelah memahami salah satu adab terhadap makanan adalah tidak membuang-buang makanan sia-sia (walaupun untuk craft atau belajar) dan sebisa mungkin mengganti nya dengan yang tidak bisa dimakan. 


Refleksi:

 Azkiya dan Aliyya selalu antusias dalam sesi belajar, karena mereka senang sekali sesi crafting. Ada menggunting, menempel, mewarnai, menulis (mencoret untuk Aliyya), menghitung, merobek, meniup, dan berbagai kegiatan yang menstimulasi motorik halus balita. Selain itu Azkiya juga belajar huruf C dan berbagai kosakata yang berawalan huruf C.


#harike1

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...