Wednesday, December 2, 2020

Zona 4 Day 7

 Nama: Azkiya (4thn6bulan)

Hari ke-7



Aktivitas Hari Ini:
Melanjutkan perkenalan huruf M dengan membuat beberapa craft mengenai kosakata yang berawalan huruf M. Setelah itu bercerita dan membaca kisah Nabi Musa as.

Proses Kreativitas:
Kami membuat beberapa craft mengenai kosakata berawalan huruf M (madu, mata, mi, mumi, merak, mobil). Awalnya saya mencoba mengetes apakah Azkiya masih mengingat huruf M, dan ternyata masih. Namun masih bingung dalam mengeja nya (ma, mi, mu, me, mo). Kemudian kami lanjutkan dengan membuat gambar madu sarang di atas kardus, memotongnya, dan memberi warna dengan cat. Setelah itu menempelkan mata-mata mainan ke atas template yang sudah saya siapkan. Kemudian kami juga membuat ‘mumi’ dari kardus yang dililit pita. Untuk kosakata ‘mi’ kami hanya menempelkan pita berwarna kuning yang dipotong pendek-pendek untuk merepresentasikan mi berwarna kuning. Sedangkan untuk ‘merak’ kami membuatnya dari kertas origami yang dilipat membentuk kipas. Terakhir, kami menggambar dan mewarnai mobil di atas kardus. Setelah proses belajar huruf, kami lanjutkan dengan bercerita dan membaca kisah Nabi Musa as.

Tujuan Belajar:
Intellectual  Curiosity:

-Mengenal dan belajar cara membaca huruf M
-Mengetahui kosakata berawalan huruf M
-Mengetahui kisah Nabi Musa as.

Creative Imagination:
-Kami membuat craft untuk kosakata ‘mumi’ dari kardus yang dililit pita. Azkiya bertanya, “mumi itu apa?” lalu saya menjelaskan bahwa mumi adalah mayat (orang yang sudah mati) dari orang-orang penting di zaman dahulu (seperti raja) yang bukannya dikubur ketika meninggal, tapi diberikan semacam pengawet dan dililit kain agar awet dan siapapun masih bisa melihatnya di masa depan karena mayat tersebut tidak dikubur.
-Mumi yang paling terkenal adalah mumi Fir’aun. Lalu Azkiya bertanya lagi, “Fir’aun itu siapa?” maka saya jelaskan kembali bahwa Fir’aun adalah seorang Raja Mesir kuno (Mesir adalah tempat belajarnya bulik Hasnah (adik saya), dan Azkiya excited sekali ketika mengetahuinya) yang jahat.
-Karena Azkiya bertanya mengenai Fir’aun, maka saya kaitkan dengan kisah Nabi Musa yang lari dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya dengan Allah izinkan tongkatnya untuk membelah lautan. Serta sebab Fir’aun menginggal dan jasadnya atas kehendak Allah bisa dilihat sampai saat ini (karena dijadikan mumi)

Art of Discovery:
-Mengetahui arti kata ‘mumi’
-Mengetahui kisah Nabi Musa as.

Noble Attitude:
Memetik hikmah dari kisah Nabi Musa as, yang ibunya diperintahkan untuk menghanyutkan bayi kesayangannya di sungai Nil. Bagaimana taat nya ibu Nabi Musa as. Bagaimana Allah menyelamatkan hambanya dari kejaran musuh Allah dengan memberikan mukjizat kepada Nabi Musa as yaitu dengan membelah lautan (diantara beberapa mukjizat Nabi Musa as lainnya). Kita sebagai umat Islam, haruslah taat dan patuh terhadap semua perintah Allah, sebagaimana yang dicontohkan dalam kisah Nabi Musa as.

Refleksi:
Alhamdulillah sesi belajar hari ini lancar. Azkiya amat sangat tertarik dengan kisah Nabi Musa dan Fir’aun. Ia masih meminta untuk dibacakan kisah tersebut bahkan setelah ia bangun dari tidur siang, dan juga malam hari! MasyaAllah.

#harike7
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...