Nama: Azkiya (4thn6bulan)
Hari ke-7
Aktivitas Hari Ini:
Melanjutkan perkenalan huruf M dengan membuat beberapa craft mengenai kosakata
yang berawalan huruf M. Setelah itu bercerita dan membaca kisah Nabi Musa as.
Proses Kreativitas:
Kami membuat beberapa craft mengenai kosakata berawalan huruf M (madu, mata,
mi, mumi, merak, mobil). Awalnya saya mencoba mengetes apakah Azkiya masih
mengingat huruf M, dan ternyata masih. Namun masih bingung dalam mengeja nya
(ma, mi, mu, me, mo). Kemudian kami lanjutkan dengan membuat gambar madu sarang
di atas kardus, memotongnya, dan memberi warna dengan cat. Setelah itu
menempelkan mata-mata mainan ke atas template yang sudah saya siapkan. Kemudian
kami juga membuat ‘mumi’ dari kardus yang dililit pita. Untuk kosakata ‘mi’
kami hanya menempelkan pita berwarna kuning yang dipotong pendek-pendek untuk
merepresentasikan mi berwarna kuning. Sedangkan untuk ‘merak’ kami membuatnya
dari kertas origami yang dilipat membentuk kipas. Terakhir, kami menggambar dan
mewarnai mobil di atas kardus. Setelah proses belajar huruf, kami lanjutkan
dengan bercerita dan membaca kisah Nabi Musa as.
Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:
-Mengenal dan belajar cara membaca huruf M
-Mengetahui kosakata berawalan huruf M
-Mengetahui kisah Nabi Musa as.
Creative Imagination:
-Kami membuat craft untuk kosakata ‘mumi’ dari kardus yang dililit pita. Azkiya
bertanya, “mumi itu apa?” lalu saya menjelaskan bahwa mumi adalah mayat (orang
yang sudah mati) dari orang-orang penting di zaman dahulu (seperti raja) yang
bukannya dikubur ketika meninggal, tapi diberikan semacam pengawet dan dililit
kain agar awet dan siapapun masih bisa melihatnya di masa depan karena mayat
tersebut tidak dikubur.
-Mumi yang paling terkenal adalah mumi Fir’aun. Lalu Azkiya bertanya lagi,
“Fir’aun itu siapa?” maka saya jelaskan kembali bahwa Fir’aun adalah seorang
Raja Mesir kuno (Mesir adalah tempat belajarnya bulik Hasnah (adik saya), dan
Azkiya excited sekali ketika mengetahuinya) yang jahat.
-Karena Azkiya bertanya mengenai Fir’aun, maka saya kaitkan dengan kisah Nabi
Musa yang lari dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya dengan Allah izinkan
tongkatnya untuk membelah lautan. Serta sebab Fir’aun menginggal dan jasadnya atas kehendak Allah bisa dilihat sampai saat ini (karena dijadikan mumi)
Art of Discovery:
-Mengetahui arti kata ‘mumi’
-Mengetahui kisah Nabi Musa as.
Noble Attitude:
Memetik hikmah dari kisah Nabi Musa as, yang ibunya diperintahkan untuk
menghanyutkan bayi kesayangannya di sungai Nil. Bagaimana taat nya ibu Nabi Musa
as. Bagaimana Allah menyelamatkan hambanya dari kejaran musuh Allah dengan
memberikan mukjizat kepada Nabi Musa as yaitu dengan membelah lautan (diantara
beberapa mukjizat Nabi Musa as lainnya). Kita sebagai umat Islam, haruslah taat
dan patuh terhadap semua perintah Allah, sebagaimana yang dicontohkan dalam
kisah Nabi Musa as.
Refleksi:
Alhamdulillah sesi belajar hari ini lancar. Azkiya amat sangat tertarik dengan
kisah Nabi Musa dan Fir’aun. Ia masih meminta untuk dibacakan kisah tersebut
bahkan setelah ia bangun dari tidur siang, dan juga malam hari! MasyaAllah.
#harike7
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
No comments:
Post a Comment