Tuesday, October 6, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-6


Temuanku:

Aliyya berusia 2 tahun 2 bulan. Bicaranya masih kurang jelas, tapi sudah bisa mengutarakan keinginannya dengan bahasa yang ia bisa. Belakangan Azkiya senang membantu 'mengurus' adiknya. Saya ingin Aliyya bisa mengutarakan keinginannya kepada Azkiya (ketika saya sedang sibuk memasak atau pekerjaan domestik lainnya). Sedangkan untuk Azkiya, saya ingin ia bisa membantu adiknya.


Strong Why:

Selama ini Aliyya bisa meminta tolong kepada saya atau Abinya ketika ia membutuhkan atau menginginkan sesuatu. Namun kadang ketika saya sedang tidak bisa membantu, akhirnya Aliyya menangis karna 'bantuan ' tak kunjung datang. Saya ingin anak-anak saya saling membantu untuk memenuhi kebutuhannya. Aliyya meminta bantuan kepada Azkiya, dan Azkiya belajar memahami kebutuhan adiknya.


Strategi untuk melatih kemandirian:

-mengajarkan Aliyya cara meminta tolong kepada kakaknya

-mencoba 'menerjemahkan' apa yang dikatakan Aliyya kepada Azkiya

-menyemangati Azkiya untuk bisa membantu adiknya, hal tersebut artinya kakak sayang adik, maka Allah akan sayang keduanya


Sukses apa aku hari ini?

Alhamdulillah urusan makan Azkiya sudah 'beres'! Ia sudah mulai lancar makan nasi dan mi. Aliyya masih dalam proses. Ditengah makan, Aliyya ingin minum. Saya mencoba mengarahkan Aliyya untuk meminta tolong kepada mbaknya, "coba Aliyya ngomong, mba, tolong ambilin minum. Aliyya haus." Yang mana diikutinya walau masih belum terlalu jelas. Azkiya laku mengambil 2 gelas dan mengisi keduanya dengan air galon (bagian mengambil gelas agak riskan untuk Aliyya karna harus menaiki tangga yang agak tinggi dan mengambilnya di dalam laci yang agak berat). Azkiya kemudian meletakkan satu gelas untuknya dan satu gelas lagi untuk adiknya. Saya lalu membimbing Aliyya untun mengucapkan terima kasih kepada kakaknya.


Tantangan hari ini:

Bukan bermaksud membandingkan, tapi perkembangan bicara Aliyya memang sedikit lebih lambat dibanding kakaknya. Kadang kami orangtuanya pun masih kesulitan memahami apa yang diinginkan Aliyya. Maka kami mencoba membantu 'menerjemahkan' kepada Azkiya apa yang diucapkan oleh Aliyya. Hal ini sering terjadi di tengah sesi bermain keduanya.


Ingin sukses apa esok hari?

Aliyya mampu berkomunikasi kepada semua anggota keluarga. Azkiya mampu membantu adiknya.


Rasaku hari ini:

Alhamdulillah bangga dengan Azkiya yang sudah mau membantu adiknya. Banyak hal lain yang sering dilakukan Azkiya untuk adiknya, seperti mengambilkan mainan di tempat yang agak tinggi, membantu menyalakan kipas angin, mematikan lampu, membereskan mainan, dll. 


Respon anak:

Mereka berdua sebenarnya sudah terbiasa berkomunikasi dan bermain bersama, namun kadang ada yang tidak dimengerti Azkiya, sehingga sering berbuntut konflik alias rebutan! Sehingga saya harus menengahi. "Mbak, tadi Aliyya mau ngomong ini, bla-bla-bla, gitu. Mbak mau bantuin dedek kan?" "Makasih ya mbak, dedeknya senang tuh dibantu mbak. Coba Aliyya bilang apa sama mba?? Makasih mba!!" 





No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...