Monday, October 5, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-5

 

Temuanku:

Dari kemarin kakaknya, sekarang adiknya! Aliyya, usianya sudah 2 tahun 2 bulan. Urusan makan Alhamdulillah ngga ada masalah dari mulai pertama kali mpasi, apa aja masuk! Makin bertambah usianya, makannya pun makin bervariasi. Aliyya suka coba makanan-makanan baru yang belum pernah ia coba, bahkan udah dibilang pedes pun dia gak peduli, pokoknya harus coba! Hehe. Alhamdulillah, sama sepeti mbaknya, udah lancar makan finger food sendiri (buah potong, snack bayi, roti isi, dll). Nah, karna belakangan dia lihat mbaknya makan nasi sendiri, akhirnya dia juga mau coba! Well, she basically wants everything that her sister does! Itulah kenapa saya selalu fokus 'tugas' di kakaknya, karna pasti adiknya ngikut! Udah setelan default nya gitu! 


Strong Why:

Kali ini Aliyya belajar makan sendiri disampimg finger food untuk melatih kemandiriannya akan kebutuhan primernya. Akan sangat meringankan bagi saya khususnya apabila kedua anak sudah bisa makan sendiri.


Strategi untuk melatih kemandirian:

- waktu makan selalu bersama-sama dengan mbaknya

- makan dengan menu dan alat makan yang sama dengan mbaknya (kalau beda, pasti maunya punya mba!)

- melihat mba nya makan sendiri akan membuat Aliyya ingin ikut makan sendiri juga

- dimulai dengan porsi kecil


Sukses apa aku hari ini?

Sarapan dengan roti isi coklat keju dan susu coklat. Alhamdulillah berhasil tanpa drama. Walaupun memang agak lebih lama durasi makannya ketimbang mbaknya (karena potongan rotinya di kecilkan, jadi jumlahnya lebih banyak ketimbang punya mbaknya) tapi habis! Siang makan dengan sayur bayam dan tempe orek. Alhamdulillah habis juga. Aliyya belum begitu lancar memasukkan full spoon kedalam mulutnya, jadi saya bantu arahkan. Malamnya makan dengan ikan lele. Disini saya anggap fail, karena Aliyya nggak suka nasi nempel di jarinya. Jadi terpaksa saya suapi. (Lauk kering, mudah menempel di jari).


Tantangan hari ini:

Aliyya anak yg cenderung 'bersih'. Dia gak suka kalau makan nasi berantakan. Untuk laik berkuah tidak ada masalah karna nasinya basah dan tidak mudah menempel. Pe-er saya adalah bagaimana Aliyya tetap nyaman makan sendiri dengan lauk kering.


Ingin sukses apa esok hari?

Aliyya kontinyu makan nasi sendiri dan 'berani' makan nasi dengan lauk kering.


Rasaku hari ini:

Alhamdulillah senang sekali karna Aliyya mau makan sendiri. Walaupun durasinya agak lama, tapi insyaAllah berproses.


Respon anak:

hanya saat makan nasi dengan lauk kering Aliyya menolak! Well, lebih ke bingung bagaimana cara makannya. Selebihnya, makan yang lain lancar Alhamdulillah.







No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...