Sunday, October 4, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-4

  (Temuan, strong why, dan strategi masih sama dengan hari pertama karena targetnya pun sama)

Temuanku:

Azkiya sekarang berumur 4 tahun 4 bulan. Sudah saatnya ia bisa makan sendiri tanpa disuapi. Memang kedengarannya simple. Tapi untuk seorang anak yang picky eater (seperti saya ketika kecil dulu, dan ibu saya juga. Hey, it runs in the family!), makan tanpa disuapi merupakan tantangan yang tidak mudah! 


Strong Why:

Selama ini menu makan yang disuka dan mau dimakan oleh Azkiya cenderung monoton. Agak sulit bagi saya untuk berkreasi dengan masakan karena Azkiya akan menolak mentah-mentah tanpa mencicipi sedikitpun. Maka selama ini saya mencoba membujuknya untuk makan dengan menyuapinya. Agar setidaknya anak ini 'mau makan'! Ya, karna ada makanan yang masuk ke perutnya saja saya sudah bersyukur. Tapi saya sadar, usianya sekarang sudah cukup besar untuk bisa mandiri. Dan jika tantangan ini berhasil, maka akan jauh lebih meringankan pekerjaan saya sebagai ibu (yang bercita-cita memiliki anak banyak alias keluarga besar) dan juga menghemat waktu.


Strategi untuk melatih kemandirian:

- menyiapkan menu makan yang disuka Azkiya

- menyiapkan peralatan makan yang ergonomis untuk anak 

- membuat suasana menyenangkan untuk makan

- memberikan sugesti positif kepada Azkiya, bahwa ia sudah cukup besar dan mampu melakukannya sendiri

- menemani selama makan

- memberikan apresiasi bagaimanapun hasilnya


Sukses apa aku hari ini?

Hari ini sarapan dengan roti isi. Baik Azkiya maupun Aliyya sudah terbiasa makan sendiri kalau menunya adalah finger food. Maka sarapan tadi Alhamdulillah lancar. Siangnya makan nasi dengan lauk ayam goreng. Azkiya Alhamdulillah sudah mulai lancar menyendok nasi dan lauk kering, walaupun ayamnya masih saya suwir. Malamnya makan nasi dengan telur urak-arik, yang Alhamdulillah lancar juga. Azkiya mulai agak terbiasa makan sendiri.


Tantangan hari ini:

Alhamdulillah semua lancar, hampir tidak ada kendala.


Ingin sukses apa esok hari?

Azkiya makin terbiasa makan sendiri.


Rasaku hari ini:

Alhamdulillah bangga dengan Azkiya yang masih konsisten makan sendiri dari hari pertama.


Respon anak:

Alhamdulillah sudah merasa bahwa makan sendiri tanpa disuapi merupakan 'tugas' ia pribadi. Karna apabila tidak makan sendir maka ia akan lapar.





No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...