Friday, October 2, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-2

Anak-anak makan pisang goreng coklat keju

 Bismillah.

Hari ini hampir sama dengan kemarin. Target nya adalah Azkiya bisa makan sendiri tanpa dibantu. Dan Alhamdulillah ia bisa.


Sukses apa aku hari ini?

Qodarullah berhalangan untuk masak karba kondisi fisik yang kurang memungkinkan, akhirnya beli nasi dan ayam goreng. Ayam goreng saya suwir-suwir dan diletakkan satu piring dengan nasi. Saya tidak sediakan sendok, saya ingin coba Azkiya menggunakan tangannya untuk makan. Hasilnya? Alhamdulillah sukses walaupun memang memakan waktu lama dan nasi yang berceceran kemana-mana. Sorenya saya membuat snack untuk anak-anak dan suami; pisang goreng coklat keju. Alhamdulillah anak-anak sukses nakan sendiri (again, untuk snack, sereal, roti isi dan buah potong, anak-anak sudah bisa makan sendiri sebelumnya)


Tantangan hari ini:

Disela-sela makan kadang Azkiya 'kabur' untuk main. Saya harus berkali-kali menginginkan bahwa ia harus menghabiskan makanannya dulu sebelum melanjutkan main.


Ingin sukses apa esok hari?

Saya ingin Azkiya tetap berada di tempatnya ketika makan dan tidak berlarian di sela makan. Tetap konsisten makan sendiri.


Rasaku hari ini:

Jujur ada sedikit kekecewaan ketika diri ini tidak bisa mengerjakan 'kewajiban' sehari-hari, walaupun ada uzur yang kuat; saya kurang sehat. Saya tidak bisa memasak makanan yang disuka Azkiya sehingga tidak ada moment ketika anak-anak membantu saya memasak; mengupas, memotong, menyortir sayur-sayuran yang akan dimasak. Tapi mengingat Azkiya bisa makan sendiri walaupun bukan makanan buatan saya sudah cukup mengobati kekecewaan saya.


Respon anak:

Awalnya sempat bertanya, kenapa kita nggak masak Mi? Saya jawab ya qodarullah Ummi ngga enak badan, jadi beli aja. Dan Alhamdulillah Azkiya tetap kooperatif mau makan sendiri.


No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...