Thursday, October 1, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-1


Temuanku:

Azkiya sekarang berumur 4 tahun 4 bulan. Sudah saatnya ia bisa makan sendiri tanpa disuapi. Memang kedengarannya simple. Tapi untuk seorang anak yang picky eater (seperti saya ketika kecil dulu, dan ibu saya juga. Hey, it runs in the family!), makan tanpa disuapi merupakan tantangan yang tidak mudah! 


Strong Why:

Selama ini menu makan yang disuka dan mau dimakan oleh Azkiya cenderung monoton. Agak sulit bagi saya untuk berkreasi dengan masakan karena Azkiya akan menolak mentah-mentah tanpa mencicipi sedikitpun. Maka selama ini saya mencoba membujuknya untuk makan dengan menyuapinya. Agar setidaknya anak ini 'mau makan'! Ya, karna ada makanan yang masuk ke perutnya saja saya sudah bersyukur. Tapi saya sadar, usianya sekarang sudah cukup besar untuk bisa mandiri. Dan jika tantangan ini berhasil, maka akan jauh lebih meringankan pekerjaan saya sebagai ibu (yang bercita-cita memiliki anak banyak alias keluarga besar) dan juga menghemat waktu.


Strategi untuk melatih kemandirian:

- menyiapkan menu makan yang disuka Azkiya

- menyiapkan peralatan makan yang ergonomis untuk anak 

- membuat suasana menyenangkan untuk makan

- memberikan sugesti positif kepada Azkiya, bahwa ia sudah cukup besar dan mampu melakukannya sendiri

- menemani selama makan

- memberikan apresiasi bagaimanapun hasilnya


Sukses apa aku hari ini?

Menu sarapan adalah kentang goreng. Untuk makanan finger food, baik Azkiya maupun Aliyya (2tahun1bulan) sudah bisa makan sendiri. Keduanya juga bisa makan sereal,b potong, snack, roti isi, dan berbagai jenis finger food tanpa disuapi. Yang menjadi tantangannya adalah makan nasi beserta lauknya. Makan siang menunya nasi dan sop. Azkiya sukses makan sendiri -alhamdulillah- walaupun menghabiskan waktu sekitar 40 menit. Saya menyemangati dan menemani sepanjang proses ia makan sendiri. Dari mulai mengajari menyendok kuah, sayur, sampai menggabungkan sayur dan nasi dalam satu sendok kemuadian memakannya. Nasi dan sayur habis walaupun sedikit berantakan. Makan malam menunya nasi dan lele goreng. Daging ikan lele saya suwir dan diletakkan didalam piring yang sama dengan nasi. Azkiya menyendoknya dan memakannya. Alhamdulillah sukses juga walaupun memakan waktu cukup lama sekitar 30 menit. Juga masih berantakan.


Tantangan hari ini:

Di pertengahan makan, Azkiya seperti terlihat lelah dan ingin segera disuapi saja. Namun saya membujuknya dan menyemangati bahwa sebenarnya ia bisa. Tidak apa walaupun perlahan-lahan dan masih berserakan karna masih belajar.


Ingin sukses apa esok hari?

Konsisten tidak menyuapi Azkiya. Membiarkan ia makan sendiri walaupun menguras waktu dan kesabaran karna harus menunggu dan membersihkan ceceran nasi.


Rasaku hari ini:

Sangat bangga dengan capaian Azkiya! Alhamdulillah Azkiya bisa. Saya agak tidak menyangka kalau ia akan mau diajak makan sendiri tanpa disuapi di hari pertama. Saya sudah membayangkan kalau ia akan menolak dan merengek untuk disuapi tapi ternyata tidak.


Respon anak:

Awalnya bingung, namun perlahan mulai paham. Dan ketika ia selesai, saya memujinya, "MasyaAllah pinter anak Ummi bisa makan sendiri sampai habis! Anak shalihah high five" dan Azkiya tos dengan bangga nya!




No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...