Thursday, September 17, 2020

Tantangan Zona 1 Hari ke-15

 Sebelum tidur memang sudah jadi kebiasaan  anak-anak untuk pipis dan sikat gigi. Nah, tadi mbak nya sempat kabur-kaburan ketika disuruh abinya untuk sikat gigi. Karena dipanggil berulang dan diperingatkan berkali-kali mbaknya masih nggak mau nurut, akhirnya lampu kamar mandj dimatikan Abinya saat mbak di dalam. Seketika mbak menjerit-jerit dan menangis.

Ya, saya paham mungkin Abinya sudah capek karna memang Azkiya tipikal yang 'iseng'. Suka melihat sampai dimana batas kesabaran kami, orang tuanya. Dan mungkin karna sudah larut, dan banyak yang masih harus dikerjakan oleh Abinya, maka jalan pintasnya dengan mematikan lampu. Yang otomatis membuat mbak Azkiya menangis sesenggukan.

Setelah selesai rutinitas dinkamar mandi, mbak menghampiri saya sambil memakai celananya dan masih dalam keadaan menganis sesenggukan.

Saya mencoba menghibur nya.

Ummi: "mbak kenapa nangis?"

Azkiya: "tadi aku dinkamar mandi, lagi pipis, terus lampunya dimatiin Abi! Kan aku takut!"

Ummi: "oh, gelap ya. Jadi Azkiya ngga bisa lihat apa-apa karna gelap dan Azkiya jadi takut. Terus jadi nangis deh, iya?"

Azkiya: "iyaaaa..." (Sambil mengusap air matanya)

Ummi: "kenapa Abi matiin lampunya mbak?" (Sambil kusuk-kusuk kakinya, setalah selesai ganti baju)

Azkiya: "tadi aku kabur disuruh sikat gigi, jadi Abi marah, terus disuruh sikat gigi yang benar aku malah ngga nurut."

Ummi: "oooh, gitu. Pantesan Abi jadi marah ya.  Kaya Azkiya kalo panggil-panggil Ummi mau minta tolong berkali-kali, terus Umminya ga jawab-jawab. Azkiya kesel kan? Jadi marah kan?"

Azkiya: "iya" (tangisannya mulai berhenti)

Ummi: "nah, Abi juga gitu rasanya. Besok, kalau disuruh Abi, mbak nurut ya, gimana kalo disuruh Abi jawabnya?"

Azkiya: "iya, Abi!" (Sudah mulai senyum)

Ummi: "masyaAllah, pintar anak shalihah! Sini Ummi pijitin kakinya, tadi katanya pegel ya?"

Setelah ngobrol, Azkiya terlihat lebih lega dan mulai ceria kembali. Memang harus dialiri dulu emosinya, diakui, baru dinasihati. It's so tricky!


Result: ⭐⭐⭐⭐⭐

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...