Friday, September 11, 2020

Tantangan Zona 1 Hari ke-8

 Qodarullah lupa post kemarin, jadi di rapel dengan hari ini.

Alhamdulillah mbak Azkiya sudah sukses bisa tidur siang sendiri. Dari usia 3 tahun sudah sering disounding kalau mbak sudah harus bisa tidur siang sendiri. Karena nanti kalau sudah umur 5 tahun, akan dibelikan kasur dan kamarnya dipisah. Sebagaimana pendidikan seks dalam Islam yaitu memisahkan tempat tidur anak dikala anak sudah mulai siap, serta meminta izin tiap kali akan masuk ke kamar tidur orang tua.

Maka sudah sangat membantu bagi saya pribadi, tidak perlu kelonin sambil usap-usap punggung mbak Azkiya lagi. Sekitar jam 13.30-14.00 biasanya mbak mulai bersiap-siap masuk kamar, dan menyalakan murottal. Biasanya akan pulas sekitar 15 menit. Setelah itu saya bisa membantu si dedek untuk tidur pula, di ruangan yang berbeda agar tidak mengganggu tidur mbak.

Nah, pe-er saya sekarang adalah bagaimana sounding ke si dedek untuk bisa tidur sendiri. Ya walaupun usianya masih 2 tahun, dia senang sekali untuk meniru mbak nya dalam hal apapun. Saya pun mencoba berbicara dengannya,

"Aliyya, udah 2 tahun ya! Udah besar sekarang kayak mbak! Kalau sudah besar, boboknya sendiri ya? Nggak kusuk-kusuk (diusap-usap punggungnya) lagi. Bobok aja di kasur sama mbak, nanti lama-lama bisa pules. Oke?" kata saya.

"Oke!" kata si dedek dengan mengacungkan ibu jari tangan kanannya. Lucu!

Tapi apalah daya, tidur siang dedek masih harus berbantalkan lengan saya. Ini kebiasaannya semenjak disapih (Aliyya disapih di usia 22 bulan). Harus tidur dengan lengan saya menjadi bantalnya.

Inilah tantangan saya untuk berkomunikasi produktif dengan Aliyya. Semoga besok ada peningkatan!

Result: ⭐⭐

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...