Thursday, October 17, 2019

Dari GTM jadi Homeschool (Part 1)

Assalamualaikum semuanya!

Hari ini mau cerita tentang awal mula kenapa Azkiya jadi homeschool. Puanjaaaang rek ceritanya, haha! Tapi liat dari judulnya udah bisa kebaca kan kenapa?

Yessss, awalnya dari GTM alias Gerakan Tutup Mulut a.k.a ngga mau makan. Anakku yg pertama itu turunan aku banget kalo masalah makan. Pilah-pilih alias picky eater. Aku pun dulu -sampai sekarang sih, tapi jauh mendingan- pas kecil picky eater juga. Mama ku pun begitu. Hahhhh -__-

Harusnya aku ngga kaget yaaa, harusnya loh ya, haha. Karena emang ada turunan (kecenderungan) susah makan. Tapi aku saat itu stress banget! Pake banget ya! Padahal awalnya lancar jaya, bikin pure buah sayur, naik tekstur campur-campur dedagingan, dst. Everything was fine. I thought i was winning, but boy was i never been that wrong!

Ketika giginya udah bermunculan (Azkiya numbuh gigi dari 5 bulan-an) dan usianya masuk 10 bulan, naik tekstur mulai macet. Dari bubur, tim saring, ke nasi semua dilepeh. Berbagai buah dari pisang, paya, mangga, semangka, alpukat, whatever it was you name it! Ngga mau dia! Padahal pas awal mula MPASI ngga ada masalah. Buah apapun masuk.

Mulailah kita panik. Ini anak mau makan apa coba? Apapun ngga masuk. Maunya nen doang. Udah 10 bulan kan kebutuhan gizinya banyak, ASI mana cukup? Yup, that was me, an unexperienced new mom. Stresssss...





Setelah dicoba segala resep MPASI dari yg gampang sampe yg bikin dapur berantakan, tetep ditolak. Makin stres mamak! Akhirnya nyerah coba 'jalan mundur', nyoba mpasi instan. Ditolak juga. Biskuit bayi? Dilepeh. Roti? Moh! Gosh..

Aku udah googling macem-macem tentang gtm, ada yg saran coba ganti suasana. Sebelumnya aku agak idealis, makan ya harus duduk di kursi. Ngga mau dibiasain sambil jalan-jalan. Tapi ya demi anak mau makan, ke-idealis-an itu harus kubuang. Dicobalah kita makan sambil keliling-keliling naik sepeda, ke taman, naik stroller, atau sekedar jalan-jalan liat lalu lalamg jalanan. Apakan Azkiya mau makan? No. Still no.

Sempet 'ngadu' ke dsa nya. Beliau bilang 'dilaparkan' ngga dikasih asi ataupun snack apapun sampe minimal 2 jam, sampai dia lapar, pasti dia makan. Setelah dicoba, bukannya mau makan Azkiya malah rewel minta nen. Gagal lagi dong :'(

Terus pas iseng aku lagi makan keju, kayanya Azkiya kepengen. Keju kraft cheddar biasa. Kucoba aja di icip-icip ke Azkiya. Dia suka. Astagah..

Semenjak itu dia makan keju. Breakfast. Lunch. Dinner. Mau nangis akutuh. Walaupun begitu, aku tetep bersyukur masih ada yg masuk keperutnya daripada nggak sama sekali.

Ngga lama dia mau makan roti. Semenjak itu roti-keju-roti-keju. Selang seling aja gtu seharian.

Setelah umurnya kisaran 1 tahun. Aku tetiba kangen makan hot cereal. Apa itu hot cereal? Aku juga agak susah jelasin sih ya haha! Itu sarapan pertama pas aku nyampe kansas yg dibuatin hostmom aku. Beliau juga bilangnya hot cereal. Aku juga ga tau merknya. Teksturnya kurasa mirip apa ya, agak ke tepung beras kasar yg direbus. Manis ditambah nesquik (kayak milo gitu). Dan entah kenapa saat itu aku kepengen banget makan itu.

Karena nggak tau merknya, aku bikin aja oatmeal pake susu plus milo. Walopun teksturnya jauh beda, tapi rasa-rasa nya agak mirip. Ya lumayanlah daripada enggak.

Ditengah-tengah keasikanku makan oatmeal, eh Azkiya ngeliatin sampe ngiler! Ya ampun dia kepengen. Kusuapin dong, dan Azkiya sukaaa!! Dia abisin satu piring oatmeal ku yg masih anget-anget itu. Ya Allah alhamdulillah! Dia mulai makan makanan 'beneran'!

Semenjak hari itu selama kurleb seminggu Azkiya bisa makan oatmeal sepiring kecil untuk sarapan. Menurutku itu kemajuan yang luar biasa buat Azkiya. Dari yang makannya nol, sampe mau makan sepiring oatmeal? That's incredible!

Tapi kebahagiaan itu ternyata ngga berlangsung lama. Minggu depannya dia mogok makan lagi. Dan aku pun stress lagi ~

Pagi itu, setelah tolak makan oatmeal, Azkiya mandi. Memang jadwal rutinnya begitu. Habis makan mandi. Ketika dia lagi asik main air, nyemplung di ember kecil, di kamar mandi. Aku isengin nyuapin oatmeal yg dia tolak tadi. Dan dimakan. Begitu terus. Sesuap demi sesuap sambil main air. Dan habis! alhamdulillah!!

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...