Wednesday, October 30, 2019

Dari GTM Jadi Homeschool (Part 2)

Setelah beberapa hari sarapan oatmeal DI KAMAR MANDI sambil berendem di dalem ember, akhirnya Azkiya bosen juga. Udah nggak tertarik masuk ember dan udah 'sadar' disuapin. Mamak mulai panik ~

Saat itu aku inget punya buku nya Julia Sarah Rangkuti yang judulnya Rumah Main Anak (1). DI buku itu -sesuai judulnya- isinya tentang ide-ide main anak balita. Waktu pertama kali beli buku itu kayanya pas Azkiya umur kurang dari 9 bulan dan ngga banyak ide main untuk bayi seumur itu. Terus karna tetiba dapet hidayah (haha) langsunglah kubaca-baca lagi ide main untuk anak kisaran 1 tahun.

Dan ternyata banyak! Dari mulai main bola yang dikreasikan sedemikian rupa (digelindingin, dibuat main sortir warna, dibuat 'petik' bola, dll), mainan daun, bunga, kertas, gelas plastik, dan sebagainya ~

Dicoba dong besoknya, dengan tekad Azkiya bisa 'disambi' makan sambil main.

And...?

It worked like a charm ~

Alhamdulillah!!!

Oya, did I mention that my firstborn is super active like a she has no pause button?





Karena Azkiya anaknya aktif banget, ekspresif, dan gampang bosen, aku jadinya harus bener-bener all out main sama dia. Setiap permainan aku harus hype sendiri, heboh, rempong, basically being a child again. Karna kalo ngga gitu ya Azkiya ga tertarik.

Setelah itu kerjaan ku adalah cari ide main buat mengalihkan perhatian Azkiya, biar mau disuapin sarapan. Selain baca bukunya mbak Julia, aku pun mulai cari-cari ide awalnya dari instagram. Hashtag yang aku buru kalo nggak salah #toddleractivity #playathome dan yang mirip-mirip itu.

Terus suatu saat aku pun iseng nyari ide main di pinterest. Dan hasilnya masyaAllah. Banyak banget.

Satu-satu aku baca blog mak-emak di negri barat sana yang ide main sama balitanya kece-kece. Dan kebanyakan mereka pake istilah totschool. Hey apaan lagi nih?

Mulailah aku searching tentang totschool. Basically it's a toddler-school, ya intinya main. Ide-ide main di rumah. Semakin dalam aku ubek-ubek berbagai macam ide totschool di pinterest, akhirnya sampe juga pada istilah: homeschool.

Jeng-jeeeeenggg ~~~

Saat itu hampir tiap hari aku bikin permainan bareng Azkiya. Mulai dari yang simpel banget, sampe yang lumayan ribet. Niat awalnya biar anak ini mau makan, lama-lama sekalian 'belajar'. Karena saat itu Azkiya ngomongnya agak telat, jadi -menurut beberapa sumber yg aku baca- salah satu manfaat main bareng anak ya selain menstimulasi motorik kasar dan halus juga manfaat buat stimulasi anak untuk bicara.

Jadi ternyata banyak manfaatnya buibu! Semakin semangat dong kitorang nyari ide main ~

Setelah pencarian panjang ide main, nyasar ke tot-school, dan akhirnya sampe ke homeschool, aku mulai belajar lagi pelan-pelan. Belajar apa sih homeschool itu? Sekolahnya dimana? Bayarnya berapa?

Well pembahasan tentang homeschool insyaAllah akan aku jabarkan di postingan lain. Karna panjang banget ya...

Anyway, mulailah aku baca-baca online tentang homeschool. Youtube-an tentang homeschool. Pinterest-an nya homeschool juga. BUT, I read them in english. Kebanyakan beraqidah . . . you know lah, bukan Islam :(

Terus di mari, di Indonesia, homeschool tuh gemanaaa?

Pas aku iseng cari, nyampe lah di websitenya Ceu Mirza daaaan, disitu aku dapat pencerahan.

Beliau praktisi homeschool muslim, yang insyaAllah metodenya sesuai sunnah :)

MasyaAllah kalo bukan Allah yg menuntun, ngga mungkin aku akhirnya bisa menemukan 'jawaban' dari pencarian super panjang ini. Auto follow instagram beliau.

Nggak berhenti sampe situ aja, nggak lama beliau juga buka pendaftaran kulgram tentang homeschool anak usia dini. Bener-bener rejeki ngga kemana ya buibuk. Pas banget. Langsung ikut dong

-bersambung


No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...