Tuesday, April 6, 2021

Zona 8 Day 6

 

Zona 8 Day 6

Bismillah

Hari ini hari Selasa. Seperti weekdays lainnya kami berusaha stick to the routine yaitu mandi, sarapan, murojaah dan membaca iqro. Selesai Iqro, kami melanjutkan belajar di teras rumah. Azkiya meminta dibuatkan worksheet manual di buku tulisnya seperti kemarin, sedangkan Aliyya meminta bermain flashcard. Aliyya hanya sebentar tertarik dengan flashcard dan melanjutkan bermain bebas di teras dengan robot kucingnya. Azkiya tetap mengerjakan worksheet math dan writingnya, ditambah dengan mewarnai doodle sederhana yang saya buat.




Siangnya kami lanjutkan dengan memasak. Hari ini menunya capcay jamur dan tempe goreng. Azkiya membantu mengupas wortel, sedangkan Aliyya mengupas jagung muda. Kemudian dilanjutkan dengan Azkiya mengupas bawang Bombay diikuti pula oleh Aliyya. Tidak lama kemudian saya mengeluarkan jamur kancing dari plastic pembungkusnya dan langsung disambut riuh oleh anak-anak. Karna, biasanya saya menggunakan jamur tiram untuk cmapuran capcay, tapi qodarullah saya kehabisan jamur tiram di tukang sayur langganan dan hanya jamur kancing yang tersisa.




“Ini mushroom ya mi? Kaya di pizza ya!” kata Azkiya semangat sekali. Ia mengambil satu jamur kancing kemudian memegangnya seperti memegang payung mini. “Azkiya mau jadi kecil terus berdiri di bawah sini” katanya bercerita. Sedangkan Aliyya hanya menyentuh jamur-jamur tersebut dengan ujung jarinya dan terlihat enggan untuk menggenggamnya. Setelah itu mereka masing-masing memotong (mencabuti dengan tangan) daun cesim dari batangnya. Setelah semua persiapan memasak selesai, saya menyuruh anak-anak untuk mencuci tangan dan dilanjutkan dengan snack time dan bermain bebas.

Setelah itu saya melanjutkan dengan menanak nasi. Sambil menunggu nasi matang, saya memasak capcay dan menggoreng tempe. Selanjutnya kami makan siang bersama.

Setelah makan siang, anak-anak mendapatkan jatah screen time kira-kira 20 menit. Selesai bermain (menonton video edukatif) hp, mereka diwajibkan membereskan mainan yang telah dimainkan yang ada di atas Kasur (bermain bebas memang sangat berantakan ketika saya masak) untuk perisapan tidur siang. Setelah Kasur rapih dan bersih, kami pun bertiga tidur siang.

Ba’da Ashar anak-anak saya bangunkan. Kebetulan hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu anak-anak karna sudah dijanjikan akan main ke rumah mbah nya di daerah Kota. Sebenarnya sudah dari pekan kemarin anak-anak dijanjikan untuk menginap, namun qodarullah pekerjaan Abinya sedang padat-padatnya sehingga tertunda sampai hari ini.

Setelah saya siapkan semua peralatan menginap, anak-anak pamit dan membaca doa keluar rumah dan naik kendaraan. Seperginya mereka bertiga, saya agak merasa kesepian.

Bintang anak-anak hari ini:

Azkiya:

Murojaah: ⭐⭐⭐

Membaca (Iqro dan latin):⭐⭐⭐

Seni (mewarnai doodle):⭐⭐⭐

Practical life (membereskan mainan dari kasur):⭐⭐⭐

Mengerjakan worksheet:⭐⭐⭐⭐

Memasak:⭐⭐⭐⭐

Matematika:⭐⭐⭐

Kegiatan fisik (bermain sore hari di luar rumah):-

 

Aliyya:

Seni :-

Practical life (membereskan mainan dari atas kasur):⭐⭐⭐

Memasak:⭐⭐⭐⭐

Mengerjakan worksheet:-

Bermain flashcard: ⭐⭐⭐

 

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...