Sunday, April 4, 2021

Zona 8 day 4

 

Zona 8 Day 4

Bismillah.

Hari Ahad, adalah hari ‘libur’nya anak-anak dari rutinitas belajar formal. Di hari Ahad juga anak-anak boleh menonton tv (tontonannya bersumber dari flashdisk, bukan tv konvensional) tentunya dengan syarat sudah murojaah dan membaca iqro. Qodarullah kebetulan juga saya merasa tidak enak badan hari ini. Semalaman tidak bisa pulas tidur dikarenakan nyeri pinggang yang teramat sangat.

Maka kami habiskan hari Ahad ini dengan sangat santai. Saya kebanyakan rebahan di Kasur dan anak-anak main, terkadang nonton tv. Sorenya saya dan Aliyya membaca buku. Aliyya semangat sekali meminta dibacakan buku. Dari buku kosakata untuk bayi, buku tentang warna, hewan, buku kisah Nabi, sampai buku tentang sains. Bolak-balik ia mengambil dan mengembalikan buku ke tempatnya dan membawakannya kepada saya yang sambil tiduran di atas Kasur. Ada hal lucu ketika saya membacakan buku tentang burung merpati dan sampai pada halaman yang menggambarkan ayah merpati, ibu merpati, dan dua anak merpati. Aliyya mengatakan sambil menunjuk tiap-tiap merpati, “Ini Abinya, ini mbaknya, ini Umminya, ini Aliyya nya! Sama ya?!” katanya bersemangat sekali. Sedangkan Azkiya sedang meminjam hp milik abinya dan belajar menulis (mengetik) sambil wa dengan saya.



Malamnya saya membuatkan telur orak-arik untuk lauk makan malam anak-anak. Kali ini Azkiya yang membantu saya memasak. Ia mencoba memecahkan telur dan berhasil. Walaupun ada beberapa potongan kulit telur yang sempat masuk ke dalam mangkok dan tentu saja banyak juga telur yang menempel di tangannya. Ia langsung lari menuju kran dan mencuci tangannya. Kemudian ia yang mengaduk dan mencampurnya dengan susu putih. Saya tambahkan sedikit garam dan lada sambil Azkiya terus mengocok telurnya. Kemudian saya panaskan Teflon dan membiarkan Azkiya yang memasak telur orak-ariknya.




Setelah beres sikat gigi, bak, dan dzikir malam, saya meminta anak-anak membantu saya menjemur pakaian (iya, seringnya saya menjemur ketika malam). Azkiya yang badannya lebih tinggi bertugas meraih hanger, mencopot pakaian yang sudah kering, dan memberikannya kepada Aliyya yang kemudian ia bawa ke atas kursi santai untuk diletakkan sementara. Hal it uterus berlangsung sampai semua cucian yang sudah kering terangkat; ada sekitar 8 hanger. Setelah itu saya lanjut menjemur pakaian besar dengan memasangnya pada hanger sedangkan anak-anak menjemur pakaian dalam, masker, kaos kaki, dan pakaian kecil lainnya di atas jemuran yang berbentuk mirip payung.

Alhamduilllah hari ini terlewati juga.

Bintang anak-anak:

Azkiya:

Murojaah: ⭐⭐⭐

Membaca (Iqro dan latin):⭐⭐⭐

Seni (membuat gambar jerapah):⭐⭐⭐

Practical life (membereskan dan meng-organize mainan, membantu menjemmur pakaian):⭐⭐⭐

Mengerjakan worksheet:-

Memasak:⭐⭐⭐

Matematika:-

Kegiatan fisik (bermain sore hari di luar rumah):⭐⭐⭐

 

Aliyya:

Seni (menggambar abstrak):⭐⭐⭐

Practical life (membantu menjemur pakaian):⭐⭐⭐

Memasak:-

Mengerjakan worksheet:-

Kegiatan fisik (bermain sore hari di luar rumah):⭐⭐⭐

Membaca buku: ⭐⭐⭐⭐

 

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...