Monday, March 8, 2021

Zona 7 Day 5

 Bismillah.

Mengenakan kerudung sejak bayi.

Alhamdulillah Allah mengaruniakan saya dua anak perempuan (dan satu lagi dalam 'perjalanan'). Keduanya saya mulai pakaikan kerudung sejak bayi tiap kali keluar rumah. Sehingga ketika ia mulai bisa berbicara dan meminta ikut pergi keluar rumah, maka saya syaratkan: Ambil dan pakai kerudungnya dulu ya..

Children see children do. Apa yang dilihat anak, akan diikutinya. Saya pun begitu. Setiap kali saya akan keluar rumah, saya mengenakan kerudung (lengkap dengan gamis/kaos kaki dan cadar apabila keluar jauh). Apabila ada tamu yang mengetuk pintu, saya memakai kerudung terlebih dahulu sebelum membuka pintu. Bila ada non mahrom di rumah, saya pun mengenakan kerudung. Untuk video call dengan kakek/neneknya pun saya mengenakan kerudung. Sehingga pembiasaan tersebut menjadikan kerudung (dan cadar) bukan hal yang asing bagi anak.

Saya pun memasang gantungan baju yang ditempelkan pada meja dengan tinggi yang sejajar dengan mata anak. Sehingga ia dapat menggantungkannya kembali kerudungnya (dan jaket) setelah pulang bepergian. Kebiasaan tersebut alhamdulillah awet hingga sekarang. Setiap kali pulang dari bepergian, anak-anak sudah tahu dimana ia harus meletakkan kembali kerudung dan jaketnya. Hal tersebut melatih anak-anak untuk mengembalikan barang pada tempatnya dan menjadikan kerudung dan jaket untuk bepergian hal yang lumrah untuknya. MasyaAllah tabarokallah.

Apa tujuannya?

Hal ini  merupakan pendidikan seksual dasar bagi anak. Bahwa perempuan diwajibkan menutupi seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah di luar rumah dan di hadapan non mahram. Jadi walaupun anak 'gerah' ia sudah terbiasa mengingat ia melihat Umi nya pun seperti itu. Jadi tidak hanya di luar rumah saja, ketika ada tamu (non mahram) di rumah, perempuan pun wajib menutup auratnya. Dan bahwa laki-laki dan perempuan auratnya berbeda. Sehingga laki-laki tidak diwajibkan mengenakan kerudung. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...