Monday, December 7, 2020

Zona 4 Day 12

Nama: Azkiya (4thn6bln) Aliyya (2thn3bln)
Hari ke-12





Aktivitas Hari Ini:
Mengenal huruf latin S dengan pendekatan baru, menulis huruf S, belajar berhitung puluhan, membaca kisah Nabi Sulaiman as, menggunting dan menempel objek.

Proses Kreativitas:
Kakak belajar mencocokkan gambar dengan tulisan dibantu saya, bagaimana cara anak mengasosiasikan bentuk huruf dengan gambarnya. Kakak juga belajar menulis huruf S dengan mengikuti titik-titik dan kemudian latihan menulisnya sendiri. Sempat ada beberapa yang salah, namun ia kemudian dapat memperbaikinya kembali.


Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:

-Mengenal kosakata berawalan huruf S
-Belajar menulis (memahami bentuk) huruf S
-Melatih berhitung puluhan
-Mengetahui kisah Nabi Sulaiman as
-Melatih motorik halus dengan cara menggunting san menempel

Creative Imagination:
Kami membahas beberapa kosakata yang berawalan huruf S, seperti sapi, sapu, satu, sawi, siput, susu, selimut, soda. Kami membayangkan bagaimana bentuk/warna sapi  dan siput serta makanannya, serta kosakata lainnya. Sementara kakak belajar menulis huruf S, giliran adik yang membahas kartu bergambar kosakata huruf S. Selanjutnya kakak belajar menghitung puluhan dengan bantuan stik es krim. Kemudian kami membaca kisah Nabi Sulaiman, dan membayangkan betapa hebatnya Nabi Sulaiman as dengan kuasa Allah dapat berbicara dengan burung dan hewan-hewan lain serta memiliki istana mewah dihiasi kolam dilapis kaca yang belum pernah dilihat sebelumnya.Setelah proses belajar selesai, ternyata kakak masih ingin ‘belajar’, maka saya berikan kegiatan berupa menggunting dan menempel dari buku aktivitas.

Art of Discovery:
-Belajar mengenal beberapa kosakata yang berawalan huruf S
-Belajar menulis dan memahami (serta menghafal bentuk) huruf S
-Mengetahui kisah Nabi Sulaiman as dan mukjizatnya


Noble Attitude:

Mengetahui kisah Nabi Sulaiman berserta mukjizatnya yang dapat berbicara dengan bahasa hewan, meningkatkan tauhid anak dengan cara bercerita mengenai hal-hal yang disuka (hewan)


Refleksi:
Alhamdulillah sesi belajar hari ini lancar. Anak-anak senang belajar menggunakan kartu flashcard.

#harike12
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...