Nama: Azkiya (4thn6bln) Aliyya (2thn3bln)
Hari ke-11
Aktivitas Hari Ini:
Bermain peran dan bookish play menjadi kupu-kupu dengan memanfaatkan facepainting.
Proses Kreativitas:
Anak-anak 'membaca' 3 buku metamorfosis dan kemudian memilih ingin menjadi apa. Awalnya adik ingin memilih menjadi ulat, namun karna melihat kakak yang menjadi kupu-kupu akhirnya adik juga mau jadi kupu-kupu.
Tujuan Belajar:
Intellectual Curiosity:
Bermain peran menjadi kupu-kupu dengan melalui proses metamorfosis dari telur, ulat, kepompong, dan kemudian kupu-kupu.
Creative Imagination:
Membayangkan hidup menjadi ulat, yang tidak punya tangan, maka berjalan dengan menggunakan tubuhnya. Kemudian dibungkus selimut menjadi kepompong, dan terakhir wajah anak-anak digambar menjadi sayap kupu-kupu. Menjadi kupu-kupu dewasa yang bisa terbang ke sana dan kemari.
Art of Discovery:
-Disini saya menggunakan cat face & body painting baru, karena sebelumnya menggunakan tipe silky crayon, yang mana kakak membantu saya dalam mencari tau bagaimana cara penggunaan yang terbaik, apakah menggunakan beauty blender, kuas+air, ataukah jari.
-Anak-anak bisa 'merasakan' bagaimana rasanya bermetamorfosis dari telur menjadi kupu-kupu
Noble attitude:
-Menguatkan tauhid melalui hal yang anak-anak suka, yaitu hewan khususnya kupu-kupu. Allah yang Maha Menciptakan bagaimana mencipta rumitnya alur hidup seekor kupu-kupu, dan manusia sebenarnya sangat lemah dan tidak akan mampu bahkan untuk menyerupai makhluknya
-Bersyukur atas apa yang Allah berikan (face&body painting yang baru saja dibeli), berupa kemampuan dan rejeki
Refleksi:
Hari Ahad ini merupakan hari istirahat kami sekeluarga. Biasanya hanya ada muroja'ah pagi dan membaca iqro saja tanpa ada sesi belajar formal (tanpa lesson plan) dan membebaskan anak-anak memilih permainan yang mereka mau. Alhamdulillah bermain kali ini lancar, dan anak-anak cenderung akur tidak ada rebutan.
#harike11
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
No comments:
Post a Comment