Saturday, December 5, 2020

Zona 4 Day 11


Nama: Azkiya (4thn6bln) Aliyya (2thn3bln)

Hari ke-11



Aktivitas Hari Ini:

Bermain peran dan bookish play menjadi kupu-kupu dengan memanfaatkan facepainting.


Proses Kreativitas:

Anak-anak 'membaca' 3 buku metamorfosis dan kemudian memilih ingin menjadi apa. Awalnya adik ingin memilih menjadi ulat, namun karna melihat kakak yang menjadi kupu-kupu akhirnya adik juga mau jadi kupu-kupu.


Tujuan Belajar:

Intellectual Curiosity:

Bermain peran menjadi kupu-kupu dengan melalui proses metamorfosis dari telur, ulat, kepompong, dan kemudian kupu-kupu.


Creative Imagination:

Membayangkan hidup menjadi ulat, yang tidak punya tangan, maka berjalan dengan menggunakan tubuhnya. Kemudian dibungkus selimut menjadi kepompong, dan terakhir wajah anak-anak digambar menjadi sayap kupu-kupu. Menjadi kupu-kupu dewasa yang bisa terbang ke sana dan kemari.


Art of Discovery:

-Disini saya menggunakan cat face & body painting baru, karena sebelumnya menggunakan tipe silky crayon, yang mana kakak membantu saya dalam mencari tau bagaimana cara penggunaan yang terbaik, apakah menggunakan beauty blender, kuas+air, ataukah jari.

-Anak-anak bisa 'merasakan' bagaimana rasanya bermetamorfosis dari telur menjadi kupu-kupu


Noble attitude:

-Menguatkan tauhid melalui hal yang anak-anak suka, yaitu hewan khususnya kupu-kupu. Allah yang Maha Menciptakan bagaimana mencipta rumitnya alur hidup seekor kupu-kupu, dan manusia sebenarnya sangat lemah dan tidak akan mampu bahkan untuk menyerupai makhluknya

-Bersyukur atas apa yang Allah berikan (face&body painting yang baru saja dibeli), berupa kemampuan dan rejeki


Refleksi:

Hari Ahad ini merupakan hari istirahat kami sekeluarga. Biasanya hanya ada muroja'ah pagi dan membaca iqro saja tanpa ada sesi belajar formal (tanpa lesson plan) dan membebaskan anak-anak memilih permainan yang mereka mau. Alhamdulillah bermain kali ini lancar, dan anak-anak cenderung akur tidak ada rebutan. 


#harike11

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia






No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...