Thursday, November 12, 2020

Zona 3 Day 8


Rencana: melanjutkan rencana kemarin, akhirnya kami pun eksekusi membuat donat. Setelah membeki semua bahannya, mempersiapkan peralatan, anak-anak saya berikan instruksi bagaimana proses pembuatan donat. Tentu saja mereka saya persilahkan mengerjakan bagian-bagian yang kiranya mereka bisa.


Aktual dan Kendala: anak-anak mengerjakan bagian mengaduk dan menguleni (ketika adonan sudah kalis). Kemudian setelah adonan siap, pas sekali dengan jam tidur anak-anak. Maka saya beritahukan bahwa adonan harus didiamkan terlebih dahulu agar mengembang, jadi anak-anak dengan excited 'menunggu' adonan mengembang dengan tidur siang. Ketika sudah waktunya mencetak adonan, sayalah yang mengerjakan. Lalu adonan didiamkan kembali sementara saya meracik coklat glazing dan anak-anak masih pulas. Ketika donat sudah digoreng dan siap diberikan topping, saya pun membangunkan anak-anak. Senang sekali mereka ketika tiba waktunya menghias donat. Bahkan di tengah-tengah menghias sempat-sempatnya si sulung mencicipi toppingnya :)


Setelah selesai membuat donat (yang ternyata hasilnya berlebih) kami pun membaginya dengan tetangga terdekat. Azkiya sendiri yang membawa piringnya, mengetuk pintu dan menyerahkan nya . Dia merasa sangat bangga.


Refleksi: Alhamdulillah proses nya menyenangkan. Anak-anak enjoy sekali membuat donat. Apalagi ditambah edukasi bahwa ketika membuat makanan dan berlebuh alangkah baiknya memberikan kepada tetangga terdekat sebagai bentuk syukur dan sedekah. 


Presentase:100%



#harike8


#tantangan15hari


#zona3cerdasemosidanspiritual


#institutibuprofesional


#petualangbahagia


#familyproject


#sahabatterbaik




No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...