Tuesday, October 13, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-10

 

Zona 2 Hari 10

Aliyya Bermain dan Membereskan Mainan Sendiri.

Hari itu Aliyya tidur siang agak cepat. Biasanya anak-anak kompak tidur siang sekitar pukul 14.00 setelah makan siang dan bermain sebentar. Tapi waktu itu jam belum menunjukkan pukul 13.00 dan Aliyya sudah tertidur sendiri di kamar.

Akhirnya saya membiarkan ia tidur walaupun belum makan siang. Karena kalau dibangunkan pasti nantinya akan rewel. Maka saya ‘mengurus’ Azkiya dulu sampai waktunya ia tidur siang.

Sekitar pukul 15.00 Aliyya bangun agak rewel. Pasti ia lapar. Saat itu Azkiya sudah pulas. Akhirnya saya menyuapi Aliyya makan, yang terkadang dia mengambil sendiri potongan ayamnya.

Setelah selesai makan, Aliyya mulai mencari mbaknya. Saya berikan pengertian bahwa mbaknya masih tidur siang, dan Aliyya sudah selesai tidurnya. Bosan, akhirnya saya berikan batu-batu kecil bernuansa warna pasir yang biasa digunakan untuk dasar aquarium. Senang sekali ia melihatnya.

Kemudian secara mandiri ia mengambil permainan masak-masakan yang ada di laci mainan. Satu per satu. Ia ambil semacam penggorengan plastic berwarna merah, kemudian mengambil wadah kecil berwarna-warni, piring, sendok, dan lain-lain.

Aliyya bermain sendiri dan saya mengawasi nya sambil membntu menyelesaikan project milik pak suami. Sesekali saya puji ia, “Wah, pintar ya Aliyya tuang-tuang nya!” dan dia senyum senang sekali. Win-win bagi saya, Aliyya merasa senang bermain dengan bebatuan kecil sebesar biji jagung, dan secara tidak langsung mengasah motoric halusnya (indra peraba di jari-jarinya dan dry pouring).

Sesi bermain ini berlangsung cukup lama, hamper sekitar satu jam. Bagaimana keadaannya setelah satu jam? Berantakan pastinya. Kemudian saya mencoba mengajak Aliyya yang terlihat sudah bosan untuk membereskan bebatuannya, “Dedek bantuin Ummi beresin batu nya yuk, masukkan ke sini yaa yang banyak!” dan Aliyya pun mau membantu membereskan walaupun hasilnya memang masih belum bersih sekali. Setelah selesai saya pun berterima kasih, “thank you dedek, udah bantuin Umi beres-beres! Pinter!” sambil saya ciumi pipinya. Dengan bangga ia jawab, “Kam!” yang maksudnya : you’re welcome!

Reaksi anak: Proud of herself!

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...