Tuesday, October 13, 2020

Tantangan Zona 2 Hari ke-8

Zona 2 Hari 8

Menangkap Kecoa!

Iya, judulnya nggak salah kok. Menangkap kecoa!

Sebelumnya saya ingin bercerita akan ketakutan saya dengan hewan satu ini: kecoa. Dari kecil setiap saya melihat kecoa, naluri saya pastilah lari. Walaupun kecoa nya berada jauh dari saya, tetap saja saya merasa takut. Dan sampai saat ini pun saya masih takut dengan kecoa.

Semenjak Azkiya lahir sampai sekarang pun, Azkiya tau kalau saya ini takut kecoa. Kalau ada kecoa dan saya berteriak, Azkiya pasti ikut teriak dan lari-lari sambil tertawa. Mungkin dia pikir hal ini lucu. Biasanya pak suami yang menangkap kecoa dengan bekas gelas air mineral plastik, kemudian dibuat keluar rumah.

Belakangan, pak suami mulai mengajari Azkiya bahwa kecoa bukan hal yang perlu ditakuti. Panjanglah dialog antara bapak dan anak tersebut karena Azkiya tidak berhenti bertanya ‘kenapa’. Kenapa ngga boleh takut? Kenapa Umi takut? Kenapa ngga usah teriak atau lari? Dan banyak kenapa-kenapa lainnya.

Malam itu saya mau ke kamar mandi, tiba-tiba ada hewan berlari kencang melewati kaki saya. Kaget, saya berteriak. “Bi.. ada kecoa! Tolong dong..” kata saya memelas.

Bukannya pak suami yang dating menolong, tapi Azkiya lah yang dating membawa wadah bekas air mineral sambil berkata, “mana Mi kecoanya? Biar aku tangkap!”

Mendengar itu saya tertawa. Lucu saja. Sepanjang hidup Azkiya, dia ikut lari ketakutan dan berteriak kalau ada kecoa. Tapi mala mini dia bilang berani.

Dan benar saja dia menangkap kecoa itu dengan wadah plastik! Saya sampai terkesima dengan ‘keberanian’nya. Saya banggakan dia, “Masya Allah mbak berani banget tangkap kecoanya! Keren!” lalu kami high five dengan senyum lebar menghiasi wajah Azkiya.

Apakah ini kemandirian? Menurut saya iya. Bahkan Azkiya bisa menyelesaikan masalah saya daripada saya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Reaction: Proud!

No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...