Tuesday, September 26, 2023

Zine.

Bismillah.

Apa itu zine?

Kalau merujuk wikipedia,

"A zine is a small-circulation self-published work of original or appropriated texts and images, usually reproduced via a copy machine. Zines are the product of either a single person or of a very small group, and are popularly photocopied into physical prints for circulation" 

Yang bisa diartikan secara kasar adalah mini magazine, atau buku/majalah berukuran kecil, yang biasanya diproduksi secara personal dan disebarkan dengan di fotocopy.

Aku mulai buat zine sekitar 3-4 bulanan yg lalu ketika Azkiya lagi suka-sukanya bikin buku. Karna aku kurang nyaman sama staples, aku coba cari cara gimana tetep bisa berbentuk buku walaupun ngga di staples. 

Dan hasilnya -setelah menyelam di pinterest- ya adalah zine ini. Masyaallah kalo liat contohnya di pinterest tu gemash bgt gambar-gambarnya...

Terus mulailah bebikinan berbagai buku 'about me' untuk Azkiya dan Aliyya. 

Ngga lama kemudian Aliyya mulai belajar baca latin, dan butuh media untuk latian baca selain bukunya miss Zahra Zahira. Dan ternyata qodarullah susah juga yaaa buat nyari buku yang isinya sesuai jenjang. Apalagi yg ngikutin metode Montessori. Atau at least yg dimulai dengan bab suku kata terbuka.

Terus akhirnya Allah pertemukan dengan iklan ig yg jual buku latihan baca per jenjang. Setelah aku liat-liat kayanya cocok nih buat Aliyya. Aku beli lah produk digital tersebut.

Aku pikir karna aku beli mentahannya (produk digital, bukan versi print-an nya) aku bisa merubah layout 'buku' tersebut yg awalnya membutuhkan staples, jadi stapless (you see what I'm saying hehe, pun inserted, jk). Alias aku mau ubah layoutnya jadi zine. Udah bayangin bakal lucu-lucu banget bentuk zine nya.

Dan ternyata, kata adminnya, ngga boleh diedit karna ada lisensi. Even cuma diubah layoutnya buat bikin zine. 

Qodarullah. Besok-besok lebih teliti lagi kako mau beli produk digital. Harus tanya-tanya dulu sebelum bayar...

Akhirnya yg tadinya ngga mau terlalu idealis (apa-apa bikin sendiri) jadi mau ga mau bikin sendiri juga karna ga nemu yang cocok.

8 zine bahasa Indonesia


Aku buat zine versi bahasa Indonesia suku kata terbuka. Ada juga versi bahasa Inggris dan Arabnya, insyaallah menyusul karna belum sempet masukin ke drive.  Kalau ada yang jeli, aku ikutin metode buku durusul lughoh yang bagian awal. "Maa hadzaa? Haadzaa maktabun" gitu terus pembukaan bukunya, hehe.

Here is the link for the zine.

Aku juga sengaja buat gambar nya pakai style doodle, hitam putih, biar anak-anak bisa buat mewarnai. 

Semoga bermanfaat. Baarokallahu fiikum.



No comments:

Post a Comment

Ujian (sekolah)

  Link download ada di bawah Salah satu mapel yang memang agak runyam -buat anak kelas 1 SD, dan terkhusus Azkiya- adalah PAM (Pendidikan An...